UMM Institutional Repository

LATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF UNTUK MENGATASI KECEMASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT

Thohir, Muhammad (2012) LATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF UNTUK MENGATASI KECEMASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadth-30300-2-bab1.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadth-30300-1-pendahul-n.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Pembimbing:(1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M. Si. (2) Zainul Anwar, M.Psi. Kehidupan mahasiswa sangat erat dengan situasi yang mengharuskan mereka mengemukakan pendapat, baik dalam kelas maupun di luar kelas seperti presentasi, diskusi, dan tanya jawab dengan dosen. Faktanya, beberapa diantara mereka tidak mampu mengemukakan pendapatnya. Salah satu faktor yang menyebabkan mahasiswa tidak mampu mengemukakan pendapat adalah kecemasan atau kekhawatiran. Salah satu teknik yang efektif untuk mengurangi kecemasan adalah relaksasi otot progresif. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memfokuskan penelitian tentang latihan relaksasi otot progresif untuk menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa yang mengalami kecemasan mengemukakan pendapat. Jenis penelitian yang digunakan adalah case study design. Pelaksanaan dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap pra intervensi, intervensi, pasca intervensi, dan follow up atau tindak lanjut. Metode pengambilan data menggunakan self report tingkat kecemasan dan tingkat keseringan gejala kecemasan, dan wawancara. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah satu orang dengan persyaratan tertentu yakni subyek adalah mahasiswa yang mengalami kecemasan mengemukakan pendapat. Penganalisaan data meliputi empat bagian, yaitu bagaimana tingkat dan gejala kecemasan sebelum intervensi, kemudian bagaimana tingkat kecemasan selama proses intervensi, bagaimana tingkat dan gejala kecemasan setelah intervensi dihentikan, dan terakhir bagaimana tingkat dan gejala kecemasan pada tahap follow up. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa relaksasi otot progresif dapat menurunkan tingkat kecemasan mengemukakan pendapat pada mahasiswa. Hal ini dikarenakan teknik relaksasi otot progresif dapat membantu memberikan efek rileks dan tenang. Sehingga mahasiswa yang mengalami kecemasan mengemukakan pendapat dapat mengelola kecemasannya dengan baik, dapat tetap tenang, rileks, terkendali, dan akhirnya mampu untuk mengemukakan pendapat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:48
Last Modified: 16 May 2016 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30115

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo