UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN BUMBU RACIK INDOFOOD DI TELEVISI TERHADAP PILIHAN BUMBU RACIK BAGI IBU RUMAH TANGGA Studi pada Ibu Rumah Tangga RW. 009 di Kelurahan Kartoharjo Kota Madiun

WIJAYA, EKA (2011) PENGARUH TERPAAN IKLAN BUMBU RACIK INDOFOOD DI TELEVISI TERHADAP PILIHAN BUMBU RACIK BAGI IBU RUMAH TANGGA Studi pada Ibu Rumah Tangga RW. 009 di Kelurahan Kartoharjo Kota Madiun. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ekawijaya0-24214-Pendahul-n.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ekawijaya0-24214-BAB+I.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan pesan yang menawarkan sebuah produk kepada konsumen lewat suatu media yang bertujuan membujuk masyarakat untuk mencoba dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Kehadiran iklan televisi memberikan sensasi berbeda yang mampu mengubah pola pikir masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Begitu juga dengan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi, yang menghadirkan sebuah produk masakan yang mampu membantu ibu-ibu dalam memutuskan memilih produk sesuai dengan kebutuhannya. Terpaan iklan merupakan suatu proses di mana terjadi respon kognitif atau pemikiran ketika membaca, melihat, atau mendengar suatu komunikasi pada media massa. Dari sebuah iklan televisi audiens mudah mengerti dan memahami informasi dari media tersebut, hal ini dikarenakan televisi memiliki unsur gambar, warna, suara, dan gerak. Penelitian ini bermaksud untuk mencari ada tidaknya pengaruh terpaan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi terhadap pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga, serta seberapa besar pengaruh yang diberikan. Pada penelitian ini menggunakan teori Jarum Hipodermik, yang berasumsi bahwa komponen-komponen komunikasi (komunikator, pesan, media) amat perkasa dalam mempengaruhi komunikasi. Konsep yang sesuai dengan teori tersebut adalah adanya pengaruh terpaan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi terhadap pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga dalam studi penelitian di RW. 009 kelurahan Kartoharjo kota Madiun. Untuk mendukung teori tersebut, dalam penelitian ini juga menggunakan konsep AIDDA. Dilihat dari perspektif komunikasi, konsep AIDDA ini bersifat satu arah (linier), artinya produsen atau pengiklan sebagai komunikator terlihat sangat perkasa, dan konsumen (komunikan) seolah tidak berdaya. Konsep ini juga menitik beratkan tahap iklan hingga sampai pada masyarakat. Metodologi penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif tipe/ jenis eksplanatori di mana peneltian ini bertujuan mencari hubungan/pengaruh antara variabel terpaan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi (X) terhadap variabel pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga (Y). Metode yang digunakan adalah survey, dengan menyebarkan kuisioner sebagai alat ukur penelitian. Populasi penelitian ini diambil berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti berkaitan dengan obyek penelitian, yaitu seluruh ibu rumah tangga di RW. 009 kelurahan Kartoharjo kota Madiun yang "pernah melihat iklan Bumbu Racik Indofood di televisi" sebesar 134 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Total Sampling karena jumlah populasi tidak terlalu banyak. Dari hasil uji korelasi dengan menggunakan rumus statistik Pearson Product Moment, peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara terpaan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi terhadap pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga. Kontribusi pengaruh yang diberikan variabel terpaan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi terhadap pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga sebesar 41,8%. Sisanya 58,2% disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk pada pembahasan dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi (r) dari hubungan variabel tersebut sebesar 0,647 atau (64,7%) dan bila dikonsultasikan interpretasi koefisien korelasi menunjukkan bahwa hubungan pengaruh antara Bumbu Racik Indofood di televisi dan pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga termasuk pada kategori "kuat", yaitu antara 0,600-0,799. Dari keseluruhan hasil uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa variabel terpaan iklan Bumbu Racik Indofood di televisi mempunyai pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap pilihan bumbu racik bagi ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 May 2016 03:22
Last Modified: 16 May 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30099

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo