UMM Institutional Repository

STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION XL UNTUK MEMPERTAHANKAN TOP IMAGE PADA PELANGGAN (Studi pada Divisi Corporate Communication PT. XL. Axiata, tbk Surabaya )

Syafrianingsih, Evi (2011) STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION XL UNTUK MEMPERTAHANKAN TOP IMAGE PADA PELANGGAN (Studi pada Divisi Corporate Communication PT. XL. Axiata, tbk Surabaya ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-evisyafria-24216-PENDAHUL-N.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-evisyafria-24216-BAB+I.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas perkembangan operator selular dalam memenangkan persaingan yang semakin kompetitif untuk memenangkan persaingan pasar. XL merupakan salah satu operator selular sehingga XL mampu bersaing dalam persaingan operator selular di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai macam penghargaan yang telah diraih oleh XL sehingga mampu memenangkan persaingan, karena itu XL berusaha memenuhi kebutuhan para pelanggannya dengan menawarkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki XL dan harga yang relatif terjangkau serta jaringan yang luas. Divisi corporate communication XL merupakan divisi yang menangani komunikasi perusahaan, baik secara internal maupun secara ekternal, tugas dan fungsi divisi corporate communication sama dengan yang dijalankan oleh public relation ataupun kehumasan. Dengan memaksimalkan tugas dan fungsinya secara eksternal divisi corporate communication XL berkeinginan untuk terus mempertahankan top image pada pelanggan, sehingga XL mampu menjadi juara selular di Indonesia dalam memuaskan pelanggan. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi corporate communication XL untuk mempertahankan top image pada pelanggan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Corporate communication XL yang diterapkan PT. XL Axiata, Tbk Surabaya untuk mempertahankan top image pada pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, yakni peneliti berdasarkan perumusan masalah dan tujuan peneliti maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi, lokasi penelitian di kantor PT. XL. Axiata, tbk Jl. Pemuda No 29 Surabaya. Teknik penentuan informan adalah Total sampling, merupakan tehnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel atau istilah lain sampel jenuh atau sensus. Sedangkan proses analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang keabsahan data peneltian terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk tekhnik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukan bahwa strategi yang dijalankan oleh corporate communication XL untuk meningkatkan top image pada pelanggan adalah sebagai berikut: 1) Strategi yang dijalankan oleh divisi corporate communication XL yaitu, Melalui pendekatan dengan media relationship dan media engineering sehingga dapat mempengaruhi persepsi publik bahwa XL itu murah dan bagus. 2) Divisi corporate communication XL telah menjalankan aktivitas ekternal yaitu menjalin hubungan baik dengan media massa guna meliput semua kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh divisi corporate communication XL, baik dalam promosi maupun memberikan informasi tentang perusahaan melalui Website perusahaan. 3) Divisi corporate communication XL mempertahankan top image pada pelanggan dengan cara memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga mampu mempertahankan top image.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 May 2016 03:16
Last Modified: 16 May 2016 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo