UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN TINGKAT PARTISIPASI MAHASISWA BARU DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Insan, Imammul (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN TINGKAT PARTISIPASI MAHASISWA BARU DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammulins-28529-2-bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammulins-28529-1-pendahul-n.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imammulins-28529-1-pendahul-n.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si. (2) Yuni Nurhamida, S.Psi, M.Si. Dengan berpartisipasi di dalam organisasi kemahasiswaan secara aktif dengan dilandasi oleh motivasi berprestasi yang tinggi, mahasiswa baru dapat mengaktualisasikan diri. Selain itu, memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan mahasiswa baru lainnya yang tidak berpartisipasi secara aktif dalam organisasi kemahasiswaan diantaranya mampu membangun karakter mahasiswa yang lebih matang dalam berpikir, cakap dalam sosialisasi dengan lingkungannya dan kritis disaat menyikapi adanya suatu permasalahan. Menurut Mc Clleland, motivasi berprestasi merupakan dorongan untuk memenuhi tujuan yang diinginkan untuk mampu meraih prestasi dan menggungguli orang lain Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi berprestasi dengan tingkat partisipasi mahasiswa baru dalam organisasi kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Untuk teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik cluster sampling yaitu cara penetapan sampel oleh peneliti secara random atau acak dalam kelompok atau gugus bukan individu dari populasi yang sudah ditentukan maka dalam sampel gugus, setiap gugus boleh mengandung unsur yang karakteristiknya berbeda-beda atau heterogen. Subyek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa baru angkatan 2011 yang berpartisipasi dalam seluruh organisasi kemahasiswaan intra dan ekstra yang diambil dari 10 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Malang. Hasil analisa data koefisien korelasi yang menunjukkan ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan tingkat partisipasi mahasiswa baru dalam organisasi kemahasiswaan di Universitas Muhamadiyah Malang dengan tingkat hubungan berada dalam kategori kuat dengan arah korelasi positif dengan koefisien korelasi sebesar (r = 0,608 : p 0,000 < 0,5) yang artinya sangat signifikan. Dari hasil penelitian diperoleh juga koefisien determinasi (r2) sebesar 36,9% (r2 = 0,369). Hal ini menunjukan bahwa sumbangan efektif motivasi berprestasi dengan tingkat partisipasi mahasiswa baru dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 36%. Adapun sisanya sebesar 64% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:08
Last Modified: 16 May 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo