UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN TIPE KEPRIBADIAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN

Pirdaus, (2012) IDENTIFIKASI PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DAN TIPE KEPRIBADIAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pirdaus088-28565-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pirdaus088-28565-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1). Yudi Suharsono, S.Psi, M.Si. (2). Zainul Anwar, S.Psi, M.Psi Kesejahteraan adalah idaman setiap orang. Ia berangkat dari sebuah kehidupan yang sehat dan normal. Oleh karena itu setiap manusia berupaya menciptakan kehidupan yang sejahtera baik kondisi fisik, sosial dan psikologisnya. Kepribadaian dan psychological well-being adalah dua hal yang bersifat subyektif oleh setiap individu, sehingga perbedaan tipe kepribadian pada remaja akan menimbulkan psychological well-being yang berbeda pula ketika menjalani aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psychological well-being dan tipe kepribadian pada santri pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah santri Madrasah Aliyah pondok pesantren Al-Mawaddah Warrahmah dan Attarbiyah Islamiyah dengan jumlah 100 santri. Data diungkap melalui alat tes EPI-A yang terdiri dari 56 item dan skala psychological well-being yang terdiri dari 36 item. Teknik analisa data menggunakan teknik T-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri yang berjenis kelamin laki-laki dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki psychological well-being yang tinggi pada aspek pertumbuhan pribadi dan rendah pada aspek hubungan positif dengan orang lain dan santri yang berjenis kelamin laki-laki dengan tipe kepribadian introvert memiliki psychological well-being yang tinggi pada aspek pertumbuhan pribadi dan rendah pada aspek penerimaan diri. Sedangkan santri yang berjenis kelamin perempuan dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki psychological well-being yang tinggi pada aspek pertumbuhan pribadi dan rendah pada aspek penguasaan terhadap lingkungan dan santri yang berjenis kelamin perempuan dengan tipe kepribadian introvert memiliki psychological well-being yang tinggi pada aspek pertumbuhan pribadi dan rendah pada aspek penerimaan diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:05
Last Modified: 16 May 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30087

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo