UMM Institutional Repository

PERBEDAAN PERSEPSI SUAMI TERHADAP KESETARAAN GENDER DITINJAU DARI PERAN ISTRI

Rahma, Anisa (2012) PERBEDAAN PERSEPSI SUAMI TERHADAP KESETARAAN GENDER DITINJAU DARI PERAN ISTRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisarahma-28569-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anisarahma-28569-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dr. Diah Karmiyati, S.Psi, M.Si, (2) Zainul Anwar, S.Psi, M.Psi. Kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta untuk memperoleh hak-hak yang sama dalam berbagai bidang kehidupan terutama dalam rumah tangga. Di dalam rumah tangga suami seringkali memandang peran antara suami dan istri tidak setara. Dari pemahaman suami tentang kesetaraan gender tersebut menimbulkan perbedaan persepsi suami terhadap kesetaraan gender yang di tinjau dari peran istri sebagai peran ganda dan peran istri sebagai ibu rumah tangga. Pemahaman suami tentang kesetaraan gender itu menjadi suatu permasalahan jika suami memandang peran suami dan istri tidak setara karena dapat mengakibatkan ketidakadilan bagi kaum perempuan. Faktor yang mempengaruhi persepsi itulah yang dapat merubah persepsi suami terhadap kesetaraan gender yaitu dari segi psikologi, keluarga dan budaya. Sehingga membuat persepsi suami terhadap kesetaraan gender tersebut berbeda antara peran istri sebagai peran ganda dengan peran istri sebagai ibu rumah tangga. Jika pada istri yang berperan sebagai peran ganda suami dan istri saling bekerja sama untuk mencari nafkah dan sama-sama mengurus pekerjaan rumah tangga. Sedangkan pada peran istri sebagai ibu rumah tangga, suami hanya mencari nafkah di luar rumah dan istri hanya mengurus pekerjaan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi suami terhadap kesetaraan gender ditinjau dari peran istri. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan persepsi suami terhadap kesetaraan gender ditinjau dari peran istri. Dimana persepsi suami terhadap kesetaraan gender ditinjau dari peran istri sebagai peran ganda positif, sedangkan peran istri sebagai ibu rumah tangga negatif. Variabel bebas adalah peran istri (peran istri sebagai peran ganda dan peran istri sebagai ibu rumah tangga) dan variabel terikat persepsi suami terhadap kesetaraan gender. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang, dimana suami yang mempunyai istri berumah tangga dan suami yang istrinya bekerja. Metode analisa data menggunakan tehnik t-test. Pada uji signifikan, diperoleh nilai t = 6,113 dan p = 0,000 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi suami terhadap kesetaraan gender yang sangat signifikan ditinjau dari peran istri. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi suami terhadap kesetaraan gender ditinjau dari peran istri sebagai peran ganda positif, sedangkan persepsi suami terhadap kesetaraan gender ditinjau dari peran istri sebagai ibu rumah tangga negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 03:00
Last Modified: 16 May 2016 03:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo