UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KONFORMITAS PADA KOMUNITAS HIJABERS

Andriani, Mutia (2012) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KONFORMITAS PADA KOMUNITAS HIJABERS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mutiaandri-28571-2-babi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mutiaandri-28571-1-pendahul-n.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti, M. Si (2) Ni’matuzahroh, S. Psi, M. Si Komunitas Hijabers bisa dikatakan sebagai komunitas muslim yang pertama di Indonesia. Dan ini, tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyak yang bergabung dan secara tidak langsung meningkatnya jumlah perempuan muslim yang menggunakan jilbab karena penggunaan style berbusana ala Hijabers saat ini banyak dijadikan inspirasi gaya busana muslimah Indonesia. Berbagai macam alasan mengapa seseorang menggunakan hijab. Bahkan modis menjadi salah satu alasan perempuan menggunakan hijab, agar tampak cantik dan trendi sebagai respon terhadap tantangan dunia model yang sangat akrab dengan perempuan. Konsep diri akan mempengaruhi seseorang dalam bertingkah laku sesuai dengan pendapatnya tentang dirinya sendiri. Dalam kaitannya dengan konformitas, konsep diri yang positif membuat individu akan memiliki rasa percaya diri yang baik dan memiliki konsistensi diri dengan apa yang di yakini, maka individu akan dapat memilah atau menentukan kapan sebaiknya harus konform dan kapan harus memegang teguh pendirian untuk tidak mengikuti anjuran kelompok sehingga akan menempatkan individu secara luwes dalam pergaulan tanpa menimbulkan kerugian bagi diri individu maupun kelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan konformitas pada komunitas Hijabers. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Hijabers Banjarmasin yang sudah bergabung selama minimal 3 bulan dan berusia 16 – 25 tahun berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data yaitu skala konsep diri yang berjumlah 38 item serta skala konformitas pada komunitas Hijabers berjumlah 35 item. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment dari Karl Person dengan program SPSS versi 13.00. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara konsep diri dengan konformitas pada komunitas Hijabers dengan koefisien korelasi sebesar (r) = - 0,469 yang memiliki arah negatif dan nilai probabilitas kesalahan (p) = 0,001 artinya sangat signifikan. Sedangkan koefisien determinan (r2) konsep diri dengan konformitas pada komunitas Hijabers adalah sebesar 0,220 artinya variabel konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 22% sebagai faktor penyebab terjadinya konformitas pada komunitas Hijabers. Sedangkan sisanya 78% disebabkan alasan lain atau faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:58
Last Modified: 16 May 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo