UMM Institutional Repository

PROBLEM-PROBLEM BELAJAR SISWA AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI

Hasfinoza, Ibnu (2012) PROBLEM-PROBLEM BELAJAR SISWA AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ibnuhasfin-28630-2-babi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ibnuhasfin-28630-1-pendahul-n.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Latipun, M.Kes, (2) Zainul Anwar, M.Psi Tingkat perkembangan gangguan autisme terus meningkat dari tahun ke tahun. Anak-anak yang mengalami gangguan ini semakin bertambah banyak. Gangguan autisme adalah gangguan perkembangan yang dimulai di masa kecil dan berlangsung sepanjang hidup dengan karakteristik gangguan dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan lingkungan, serta adanya perilaku repetitif yang tidak bertujuan. Adanya keterbatasan siswa autis ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana problem-problem belajar siswa autis di sekolah inklusi, yang mana mereka diwajibkan untuk belajar dan berinteraksi bersama-sama dengan mahasiswa reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana problem-problem belajar siswa autis di sekolah inklusi. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menemukan hal-hal yang dapat membantu dalam proses pembelajaran anak autis belajar dalam lingkup pendidikan di sekolah inklusi agar berjalan secara lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak-anak siswa sekolah inklusi di SMPN 18 Malang, SMP Muhammadiyah 2 Malang, dan SD-SMP SATAP Merjosari 4Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis data lapangan Miles dan Huberman model. Di mana analisis tersebut berjalan seiring dengan proses berlangsungnya penelitian. Hasil analisis data ditulis dalam bentuk deskriptif berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa problem-problem belajar siswa autis disekolah inklusi terjadi ketika proses pembelajaran di kelas, proses interaksi siswa dengan temannya siswa reguler, proses interaksi dengan guru dan gpk, dan prosedur dan aturan dari sekolah. Problem-problem belajar tersebut merupakan problem belajar yang muncul baik dikarenakan oleh faktor internal siswa autis seperti ketidakmampuan siswa dalam berkomunikasi, kelemahan dalam berkonsenterasi, serta perilaku autisme lainnya yang dapat mempengaruhi proses belajar siswa maupun faktor eksternal yang berasal dari teman siswa, guru siswa, dan aturan-aturan dari sekolah yang harus dipatuhi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:54
Last Modified: 16 May 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30074

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo