UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KONSEP DIRI INDEPENDEN DENGAN INTENSI MEMBELI SEPEDA FIXIE

Sari, Veva Ardhyaning Kencana (2012) HUBUNGAN KONSEP DIRI INDEPENDEN DENGAN INTENSI MEMBELI SEPEDA FIXIE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vevaardhya-28632-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vevaardhya-28632-1-pendahul-n.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1). Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si. (2). Yuni Nurhamida, S.Psi, M.Si Saat ini sepeda fixie menjadi sebuah produk yang diminati oleh banyak orang. Tampilannya yang minimalis dan menarik ini menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya itu saja, saat ini sepeda fixie merupakan sebuah produk yang sedang tren terutama dikalangan para anak muda. Entah karena keunikan atau manfaat dari sepeda tersebut atau hanya untuk mengikuti tren yang ada banyak orang yang tertarik dan berniat untuk membeli sepeda ini sehingga muncullah intensi membeli dalam diri orang tersebut. Bagaimana seseorang memandang sebuah produk dan memunculkan intensi membeli ini berkaitan dengan konsep diri yang mereka miliki. Adapun konsep diri yang dimaksud adalah konsep diri independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri independen dengan intensi membeli sepeda fixie. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Tempat penelitian ini adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, yang mana sampelnya adalah sebagian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang berjumlah 100 orang, yang diambil dengan teknik sampel insidental. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, ada 2 skala yang digunakan yaitu skala konsep diri independen dan skala intensi membeli yang disusun oleh peneliti sendiri, untuk metode analisa data dengan menggunakan teknik Product Moment dari Karl Pearson yang dibantu dengan program komputer SPSS. Dari analisa data yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri independen dengan intensi membeli sepeda fixie (r = -0,536; p = 0,000) hal ini berarti bahwa konsep diri independen yang dimiliki positif, maka intensi membeli sepeda fixie rendah, sebaliknya konsep diri independen yang dimiliki negatif, maka intensi membeli sepeda fixie tinggi. Dari penelitian ini didapatkan koefisien determinan variabel (r^2) sebesar 0,287 yang artinya sumbangan efektif konsep diri independen terhadap intensi membeli sepeda fixie adalah sebesar 28,7%, dan sisanya sebesar 71,3% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:50
Last Modified: 16 May 2016 02:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo