UMM Institutional Repository

KECEMASAN DITINJAU DARI KEBUTUHAN DASAR YANG BELUM TERPENUHI

MAISYARAH, (2012) KECEMASAN DITINJAU DARI KEBUTUHAN DASAR YANG BELUM TERPENUHI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maisyarah0-28641-2-babi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maisyarah0-28641-1-pendahul-n.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si. (2) Zainul Anwar, M.Psi. Kecemasan merupakan suatu emosi yang paling sering di alami oleh manusia. Kadang-kadang kecemasan sering disebut sebagai bentuk ketakutan dan perasaan gugup yang dialami seseorang. Kecemasan dapat disebabkan banyak hal, seluruh ingatan yang ditekan selama masa balita dan masa kanak-kanak dapat berdampak pada kehidupan di masa dewasa, dan akhirnya menjadi kecemasan. Dalam setiap pemenuhan kebutuhan tersebut, ada yang dapat terpenuhi adapula yang tidak dapat terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan dari setiap manusia tidak hanya bersumber dari dalam diri individu tersebut, tetapi juga di dukung oleh faktor eksternal yang berasal dari lingkungan luar individu tersebut. Setiap jenjang kebutuhan dasar memiliki dampak tersendiri jika dalam pemenuhannya terdapat hambatan. Salah satu dampak yang dapat dirasakan jika kebutuhan dasar tidak dapat terpenuhi dengan baik adalah kecemasan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi dan bagaimana kebutuhan tersebut dapat menyebabkan kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu, wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang, dengan kriteria memiliki tingkat kecemasan tinggi (dengan skor >20 berdasarkan kategori TMAS). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam diri setiap subjek masih terdapat kebutuhan-kebutuhan dasar yang belum terpenuhi. Terdapat persamaan pada setiap subjek yaitu kebutuhan dasar dari seluruh subjek yang belum terpenuhi adalah safety needs. Kecemasan yang terjadi akibat dari safety needs, karena adanya perasaan takut akan hukuman yang akan diperoleh dari sosok otoriter yang berada dilingkungan subjek, dan perasaan takut akibat ditinggal sendirian. Kegagalan akan pemenuhan safety needs pada masing-masing subjek berasal dari lingkungan terdekat subjek sejak kecil. Seperti orangtua, keluarga sekitar, guru serta teman-teman sepermainan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:45
Last Modified: 16 May 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo