UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA KARYAWAN PG KEDAWUNG PASURUAN

FAJRI, AVIANA NURMARINDA (2012) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA KARYAWAN PG KEDAWUNG PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aviananurm-28643-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aviananurm-28643-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (I) Latipun, Dr. M.Kes., (II) Tri Muji I. M.Psi. Salah satu tolak ukur tercapainya tujuan organisasi yaitu dengan peningkatan efektivitas masing-masing organisasi kerja dan terciptanya lingkungan kerja yang kondusif serta adanya pengaruh hubungan antara kepemimpinan dan bawahan yang baik dan saling mendukung. Seperti kita ketahui bahwa di dalam setiap organisasi pasti memiliki sebuah struktur organisasi, dan memiliki apa yang disebut pemimpin dan bawahan secara hierarki, di lain pihak keterkaitan kepemimpinan dengan efektivitas organisasi pada hakekatnya kepemimpinan sebagai suatu sikap alam pikiran dan sikap kejiwaan. Guna tercapainya produktivitas kerja karyawan diperlukan kepemimpinan yang mampu meningkatkan produktivitas kerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional dengan produktivitas kerja pada karyawan. Penelitian ini dilakukan terhadap 45 karyawan di PG Kedawung Grati-Pasuruan. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah penelitian populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepemimpinan transaksional dan produktivitas kerja. Tehnik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil analisa penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diketahui nilai koefisien (r) = 0,624. Koefisien determinasi (r²) = 0,389 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000. Hal ini dapat menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan transaksional dengan produktivitas kerja pada PG Kedawung Grati-Pasuruan. Hal ini membuktikan, bahwa dengan adanya penerapan gaya kepemimpinan transaksional pada perusahaan maka akan dikuti pula dengan produktivitas kerya karyawan yang meningkat. Demikian juga sebaliknya, apabila tidak ada penerapan gaya kepemimpinan transaksional pada perusahaan maka akan diikuti pula dengan menurunnya produktivitas kerja karyawan. Adapun sumbangsih gaya kepemimpinan transaksional dengan produktivitas kerja karyawan sebesar sebesar 38,9% sedangkan sisanya 61,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:40
Last Modified: 16 May 2016 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo