UMM Institutional Repository

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Rini, Harfiahana Puspa (2012) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harfiahana-28647-2-babi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harfiahana-28647-1-pendahul-n.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

bimbingan (1) Yudi Suharsono, S.Psi.M.Si. (2) Ari Firmanto, S.Psi Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah melalui Ujian Nasional (UN). Dimana siswa diharuskan untuk mencapai nilai standart kelulusan yang sudah ditentukan atau diberlakukan oleh pemerintah, dan setiap tahunnya nilai standart kelulusan tersebut semakin bertambah. Itu menjadi salah satu beban bagi siswa, untuk meyakinkan siswa tersebut bisa menghadapi ujian nasional maka siswa tersebut harus memiliki self efficacy, yaitu keyakinan seseorang akan kemampuannya untuk mencapai tujuan. Sehingga siswa tersebut yakin akan kemampuan yang dimilikinya sehingga dalam proses ujian nasional siswa tersebut sudah yakin akan kemampuanya. Tetapi juga ada siswa yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian nasional dikarenakan siswa tersebut memiliki self efficacy yang rendah sehingga membuat kecemasan tinggi, sebaliknya jika siswa tersebut memiliki self efficacy tinggi maka siswa tersebut akan mengalami kecemasan rendah karena siswa tersebut sudah yakin akan kemampuan yang dimiliknya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMK. Metode pengumpulan data adalah skala, yaitu dengan menggunakan skala likert. Sedangkan metode analisa data yang digunakanya itu korelasi product moment dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar -0,615dan (p) = 0,000 hal ini menandakan adanya hubungan dengan arah negatif yang sangat signifikan antara variable self efficacy dengan variabel kecemasan. Hal iniberartiapabilaself efficacy tinggi maka kecemasan menghadapi ujian nasional rendah, dan sebaliknya jika nilaiself efficacy rendah maka kecemasan dalam menghadapi ujian nasional tinggi. Nilai koefisien determinan (R^2) = 0,378, yang bermakna bahwa variabel self efficacy mampu menjelaskan variabel kecemasan menghadapi ujian nasional sebesar 37,8%, sisanya sebesar 62,2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:33
Last Modified: 16 May 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30061

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo