UMM Institutional Repository

Kata Kunci : kecerdasan emosi, religiuitas

Savira, Fitria (2012) Kata Kunci : kecerdasan emosi, religiuitas. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriasavi-28665-2-babi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriasavi-28665-1-pendahul-n.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Yudi Suharsono, M.Si, Psi (2) Ari Firmanto, S.Psi Dalam dunia pendidikan, sekolah menengah atas (SMA) merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan potensi siswa melalui proses pembelajaran seperti tanggung jawab dan keterampilan. Sehingga siswa mampu bertanggung jawab dengan baik dalam penyelesaian tugas akademiknya. Namun, masih terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah dalam penyelesaian tugasnya dengan menghabiskan waktu untuk urusan hiburan semata (jalan-jalan di mall, membolos sekolah, dan kecanduan games) yang mengarah pada perilaku menunda-nunda tugas yang dalam psikologi dikenal dengan prokrastinasi akademik. Mengingat prokrastinasi akademik dapat terjadi pada siapapun maka patut diwaspadai terjadi pada siswa akselerasi yang merupakan siswa berpotensi unggul yang diharapkan masuk dunia profesional diusia dini dan bekerja secara produktif dengan maksimal. Ketika siswa akselerasi melakukan penundaan maka dapat mengakibatkan tersia-sianya potensi yang dimiliki, menghambat selangkah lebih maju dan berdampak pada menurunnya prestasi akademik siswa. Maka perlu adanya kontrol diri dalam pembelajaran yang mecakup metakognisi, motivasi, dan perilaku yang menunjang dalam pencapaian tujuan dengan mengatur waktu dan pengendalian sistem pembelajaran yang dalam psikologi dikenal dengan self-regulated learning. Jenis penelitian ini yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa akselerasi tingkat SMA Negeri yang berada di Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa dari tiga sekolah SMAN di Kota Malang yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 Maret 2012. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala self-regulated learning dan prokrastinasi akademik. Adapun metode analisa data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 17.00 for window. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r)= -0,739 dan (P)= 0,000 yang artinya ada hubungan negatif dan sangat signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik. Artinya bila self-regulated learning tinggi maka cenderung tidak melakukan prokrastinasi dan apabila self-regulated learning rendah maka cenderung akan melakukan prokrastinasi akademik. Koefisien determinan variabel (R2) self-regulated learning dan prokrastinasi akademik adalah 0,546. Hal ini menunjukkan self-regulated learning memberikan sumbangan efektif terhadap prokrastinasi akademik sebesar 54,6%, sedangkan sisanya 45,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:15
Last Modified: 16 May 2016 02:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo