UMM Institutional Repository

REGULASI EMOSI DALMAS POLRI DALAM MENGHADAPI UNJUK RASA

RAHAYU, IKA PUJI (2012) REGULASI EMOSI DALMAS POLRI DALAM MENGHADAPI UNJUK RASA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikapujirah-28667-2-babi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikapujirah-28667-1-pendahul-n.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Tri Dayakisni M.Si. (2) NiÂ’Matuzzahroh S.Psi, M.Si. Dalmas adalah fungsi dalam tubuh polri yang bertugas sebagai pengendali massa dalam unjuk rasa agar suasana unjuk rasa dapat berjalan dengan tertib dan mencegah masuknya pengaruh dari pihak tertentu atau provokator namun patut disayangkan karena aparat dalmas polri yang seharusnya memberikan perlindungan dan pengayoman terhadap sekelompok masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat justru menjadi salah satu penyebab suasana unjuk rasa menjadi tidak kondusif bahkan para aparat dalmas polri cenderung menggunakan kekerasan dalam menghadapi para pengunjuk rasa. Ada indikasi hal ini terjadi dikarenakan para aparat dalmas polri cenderung tidak menggunakan strategi regulasi emosi sehingga kurang mampu untuk mengatur emosi saat menghadapi tekanan dari luar. Pada penelitian ini terdapat satu variabel yaitu regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi emosi dalmas polri dalam menghadapi unjuk rasa Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang dipakai adalah skala regulasi emosi yang dikembangkan dengan menggunakan skala forced choice. Sebelum skala disebar dilakukan uji reliabilitas dan validitas yang menghasilkan 50 item Sampel penelitian adalah personil dalmas polri polrestabes Surabaya dengan jenjang kepangkatan bintara dengan jumlah sampel ada 95 orang dengan menggunakan tehnik accidenttal sampling. Analisa data menggunakan T-score dan untuk menguji significantsi kategori antara tinggi dan rendah digunakan uji Chi-Square Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota dalmas polri polrestabes Surabaya memiliki kecenderungan regulasi emosi yang baik karena dari 95 subyek yang masuk dalam kategori tinggi lebih banyak (53,7%) dari pada yang berkategori rendah (47,3%) tidak significant sehingga dapat dikatakan tidak ada perbedaan yang significant antara kategori tinggi dengan kategori rendah. Strategi regulasi emosi yang dibanyak dipilih adalah attentional deployment (62,1%), cognitive change (64,2%), dan response modulation (62,1%) sedangkan strategi regulasi emosi yang tidak banyak dipilih adalah situation selection (55,8%) dan situation modification (61,1%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:12
Last Modified: 16 May 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30049

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo