UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA FRUSTRASI DENGAN PERILAKU AGRESI PADA SUPPORTER SEPAK BOLA

Octaviana, Mariani (2012) HUBUNGAN ANTARA FRUSTRASI DENGAN PERILAKU AGRESI PADA SUPPORTER SEPAK BOLA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marianioct-28672-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marianioct-28672-1-pendahul-n.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si (2) Yuni Nurhamida, S.Psi, M.Si. Agresi yang dilakukan pada supporter sepak bola terlihat bahwa para supporter bertindak agresif salah satu penyebabnya bila tim sepak bola kesebelasan mereka mengalami kekalahan. Jika melihat gambaran kekerasan supporter sebagian besar pemicunya adalah sikap kekecewaan karena tim kesayangan mereka kalah. Mereka akan sangat senang jika tim mereka menang namun bisa sangat marah jika yang terjadi sebaliknya. Salah satu sumber dari perilaku agresi adalah frustrasi. Frustrasi berarti pencapaian tujuan yang diinginkan dihalangi.ini berarti bahwa individu mempunyai suatu tujuan dan yang bersangkutan berusaha mencapainya, dengan adanya berbagai sebab, tujuan tersebut gagal untuk dicapainnya. Sedangkan agresi adalah tingkah laku individu yang ditujukan untuk melukai atau mencelakakan individu lain yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut dan yang dimaksud perilaku agresi ini adalah suatu bentuk perilaku yang memang disengaja untuk melukai ataupun mencelakakan individu lain yang tidak menginginkan datangnya perilaku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang bersifat kuantitatif, dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel frustrasi dan perilaku agresi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data interval yang mana maksudnya adalah angka skala batas variasi nilai satu dengan yang lainnya sudah jelas, sehingga jarak atau intervalnya dapat dibandingkan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan skala secara langsung yang berisi pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk skala sikap model likert. Alasan menggunakan skala karena metode ini dapat mengungkap tentang hubungan antara frustrasi dengan perilaku agresi pada supporter sepakbola. Dalam penelitian ini terdapat 2 skala yaitu skala frustrasi dan skala perilaku agresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada hubungan positif antara frustrasi dengan perilaku agresi pada supporter sepak bola yaitu semakin tinggi frustrasi yang dimiliki oleh para supporter maka semakin tingi pula perilaku agresinya, artinya para supporter yang pada saat menonton pertandingan sepak bola memiliki frustrasi yang tinggi maka akan berpengaruh juga pada perilaku agresinya dan akan berdampak pada meningkatnya perilaku agresi mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 02:07
Last Modified: 16 May 2016 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30046

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo