UMM Institutional Repository

ALCOHOL EXPECTANCIES PADA MAHASISWA PAPUA YANG MENGKONSUMSI ALKOHOL

Fitria, Tirani (2012) ALCOHOL EXPECTANCIES PADA MAHASISWA PAPUA YANG MENGKONSUMSI ALKOHOL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiranifitr-28676-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiranifitr-28676-1-pendahul-n.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si (2) M. Salis Yuniardi, S.Psi, M.Psi. alcohol expectancies yaitu kepercayaan akan sebuah harapan yang didapatkan baik itu secara perasaan maupun tingkah laku setelah mengkonsumsi minuman beralkohol. Di Papua, minuman keras sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan hidup masyarakat. Menurut Suwardi (dalam Jurnalistik Kompas, 2008), adanya kecenderungan masyarakat Papua dekat dengan minuman beralkohol, dalam hal ini mereka merasa comfort dengan minuman beralkohol sehingga ini menjadi kebiasaan. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui alcohol expectancies pada mahasiswa Papua yang mengkonsumsi alkohol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semiterstruktur. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yaitu mahasiswa Papua yang mengkonsumsi alkohol. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa harapan mahasiswa Papua dengan mengkonsumsi alkohol, yaitu memberi lebih banyak kesenangan, memudahkan hubungan dengan teman sebaya, mempermudah menghadapi stres dan memberi bahan pembicaraan dengan orang lain. Selain itu, harapan-harapan atau keyakinan-keyakinan seseorang akan sesuatu, dapat menjadi sebuah motivasi untuk cenderung dalam mengkonsumsi alkohol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:59
Last Modified: 16 May 2016 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo