UMM Institutional Repository

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KESIAPAN KERJA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Utami, Yudi Ganing Dwi (2012) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KESIAPAN KERJA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudiganing-28679-2-babi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudiganing-28679-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Hudaniah, S.Psi., M.Si (2) Yuni Nurhamida, S.Psi., M.Si Kesiapan kerja seperti halnya kondisi psikologis yang lain, dapat meningkat dengan baik apabila siswa terus-menerus mengasah kemampuan yang dimiliki. Dengan kesiapan tersebut siswa Sekolah Menengah Kejuruan ini harus memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang memadai, memahami syarat-syarat berhasilnya suatu pekerjaan dan mampu menyelesaikan setiap hambatan. Dengan sendirinya siswa Sekolah Menengah Kejuruan akan yakin atau percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dalam menghadapi dunia kerja. Agar tujuan tersebut bisa tercapai dengan baik, tentunya siswa Sekolah Menengah Kejuruan tersebut memiliki self efficacy yang tinggi untuk benar-benar nantinya siap menghadapi situasi dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan kesiapan kerja pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik total sampling yaitu 142 siswa SMK sebagai responden. Metode pengumpulan data adalah skala, skala self efficacy dan kesiapan kerja. Adapun metode analisa data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS versi13.00for window. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan kesiapan kerja dengan nilai koefisien korelasi r = 0,676 dan dan probabilitas kesalahan p=0,000 ; p<0,05. Hal ini berarti semakin tinggi self efficacy semakin tinggi pula kesiapan kerjanya, begitu juga sebaliknya semakin rendah self efficacy semakin rendah pula kesiapan kerjanya. Self efficacy memiliki sumbangan yang efektif terhadap kesiapan kerja pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan sebesar 45,6% sedangkan sisanya 54,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, seperti minat, kondisi ekonominya, faktor keluarga, faktor lingkungan dan intelegensinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:54
Last Modified: 16 May 2016 01:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30039

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo