UMM Institutional Repository

PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA TUNAGRAHITA

Lathiifah, Ummu (2012) PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA TUNAGRAHITA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ummulathii-28805-2-babi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ummulathii-28805-1-pendahul-n.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Tunagrahita merupakan suatu keadaan dimana individu mengalami keterbelakangan mental sejak lahir dengan IQ di bawah 70 dan memiliki keterlambatan mencakup rentang yang luas dalam perkembangan fungsi kognitif dan sosial. Tetapi penyandang tunagrahita juga seperti individu lain yang pasti melalui masa remaja, yang merupakan transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, dengan serangkaian proses yang dilalui diantaranya berkembang dari ketergantungan terhadap orang tua menuju kemandirian, minat-minat seksual, perenungan diri, dan perhatian terhadap nilai-nilai estetika dan isu-isu moral. Banyaknya tugas perkembangan yang harus dilalui, maka menarik untuk mengetahui bagaimana remaja tunagrahita melewati masa remajanya, agar remaja tunagrahita mengetahui pencapaian tugas perkembangannya dan dapat melanjutkan tugas perkembangan selanjutnya yang telah tercapai dan orang tua, guru, dan keluarga dapat membantu tercapainya tugas perkembangan yang belum tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan 3 subjek laki-laki penyandang tunagrahita ringan yang sedang dalam masa remaja akhir (19-22 tahun). Untuk penggalian data digunakan wawancara dan observasi sebagai sumber data sekaligus sebagai uji keabsahan metode. Adapun teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, agar terjalin komunikasi yang bebas namun terarah sehingga terkesan lebih luwes dan fleksibel. Sedangkan teknik observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan dengan menggunakan check list. Sebagai uji keabsahan untuk mengecek kebenaran data, dilakukan triangulasi metode yaitu dari wawancara dan observasi, serta triangulasi sumber yaitu dari wawancara dengan guru SMALB sebagai informan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa tugas-tugas perkembangan yang telah dicapai remaja tunagrahita ringan dengan baik adalah sebagai berikut: 1. Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya, 2. Mencapai peran sosial sebagai pria, 3. Menerima keadaan fisiknya dan menggunakannya secara efektif, 4. Mempersiapkan pencapaian jaminan kemandirian ekonomi dan mempersiapkan karier dengan baik. Terdapat juga tugas-tugas perkembangan yang dicapai dengan cara sederhana, seperti : 1. Pencapaian tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial dan memperoleh seperangkat nilai dan system etika sebagai pembimbing dalam berperilaku, 2. Sama halnya dengan pencapaian keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME. Sedangkan yang belum tercapai diantaranya : 1. Pencapaian kemandirian sosial dari orangtua dan orang dewasa lainnya, 2. Pengembangan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga Negara, 3. Serta persiapan pernikahan dan hidup berkeluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:52
Last Modified: 16 May 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30038

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo