UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI STRESSOR DAN COPING STRESS TERAPIS ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Luar Biasa Putra Jaya Malang)

BUDIMAN, WAHYU (2012) IDENTIFIKASI STRESSOR DAN COPING STRESS TERAPIS ANAK AUTIS (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Luar Biasa Putra Jaya Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyubudim-28980-2-babi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyubudim-28980-1-pendahul-n.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Kondisi seorang autis secara langsung juga mempengaruhi kondisi seorang terapis dalam upaya mendidik anak autis tersebut, dimana tingkat kesabaran seorang terapis sangat diperlukan dalam menciptakan suasana yang mendukung proses pembelajaran seorang anak autis tersebut. Apabila seorang terapis tidak merasa kuat atas kondisi yang dialami maka kemungkinan terjadi stress sangat besar. Rancangan penelitian ialah rencana dan struktur penyelidikan yang disusun sedemikian rupa sehingga peneliti akan dapat memperoleh jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan penelitiannya. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan non eksperimen yaitu sebagai telaah empirik sistematik dimana peneliti tidak mengontrol secara langsung variabel bebasnya karena manifestasinya telah muncul, atau karena sifat hakikat variabel itu memang menutup kemungkinan manipulasi. Subyek penelitian disebut sebagai informasi peneliti yaitu para terapis anak autis di Yayasan Pendidikan Luar Biasa Putra Jaya Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka kesimpulan bahwa hasil identifikasi stressor dan copying stress terapis dapat diketahui bahwa sumber stress yang terjadi yaitu berasal dari kejenuhan dalam bekerja, interaksi dengan sesama guru dan permasalahan keluarga. Beberapa faktor tersebut menjadikan subyek penelitian mengalami stress dalam bekerja. Adapun mengenai copying stress yang dilakukan yaitu dengan lebih memfokuskan pada pengaturan emosi, melakukan kontrol diri, membuat jarak, melakukan penilaian kembali secara positif dan menerima tanggung jawab. Beberapa upaya tersebut dilakukan dalam rangka untuk menghindari terjadinya stress kerja yang terlalu tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:43
Last Modified: 16 May 2016 01:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30034

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo