UMM Institutional Repository

HUBUNGAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

APRILIYANTO, YAYAN (2012) HUBUNGAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yayanapril-28981-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yayanapril-28981-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing 1. Yudi Suharsono, M.Si. Psi., Pembimbing 2. Tri Muji Ingarianti, M.Psi. Di perguruan tinggi, selalu dapat di temukan mahasiswa yang mengalami prokrastinasi (penundaan) dalam penyelesaian skripsinya. Salah satu aspek yang diduga berhubungan dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi adalah external locus of control. External locus of control adalah kepercayaan individu bahwa peristiwa-peristiwa dalam kehidupannya adalah akibat dari faktor-faktor di luar dirinya, yaitu nasib, keberuntungan, sosial ekonomi, dan pengaruh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan external locus of control dengan prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengerjakan skripsi lebih dari 6 bulan, belum menikah dan tidak terikat pekerjaan sebanyak 35 orang. Adapun tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala external locus of control dan skala prokrastinasi. Adapun tehnik analisa data yang digunakan adalah analisa korelasi product moment. Hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows diperoleh koefisien korelasi (r)=0,665 dan p = 0,000 < 0,01, hal ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara external locus of control dengan prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Artinya mahasiswa yang memiliki external locus of control cenderung melakukan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi. Adapun sumbangan efektif external locus of control terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi sebesar 44,2% dan sisanya sebesar 55,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, antara lain misalnya faktor kondisi fisik individu, gaya pengasuhan orang tua, pengawasan yang rendah, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:41
Last Modified: 16 May 2016 01:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30033

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo