UMM Institutional Repository

KOHESIVITAS KELOMPOK PADA REMAJA PENGGUNA TATO

AKHMAD, PRISCILLIA (2012) KOHESIVITAS KELOMPOK PADA REMAJA PENGGUNA TATO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-priscillia-28988-1-pendahul-n.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-priscillia-28988-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1). Dra. Tri Dayakisni, M.Si. (2). Yuni Nurhamida M.Si, S. Psi. Akhir-akhir ini banyak sekali terdapat orang yang bertato dan tubuh yang ditato itu dapat dilihat orang lain, dan tak segan-segan pelaku tato tersebut memperlihatkan tato yang ada ditubuhnya untuk dilihat orang lain. Sedangkan masyarakat tidak menyetujui dan memandang tato sebagai hal yang negatif. Dikarenakan tato bertentangan dengan norma-norma yang ada, tak hanya itu tato juga di haramkan oleh agama. Tetapi fenomena ini terus berkembang dan digemari oleh remaja, dan seakan para remaja tersebut menganggap tato sebagai sebuah seni. Di dalam kelompok terjadilah apa yang disebut dengan kohesi kelompok. Kohesi kelompok yaitu perasaan bahwa orang bersama-sama dalam kelompok sebagai kekuatan memelihara dan menjaga anggota dalam kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kohesivitas kelompok pada remaja yang menggunakan tato. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang. Analisa data dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskan data, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kohesivitas kelompok pada remaja yang menggunakan tato. Faktor-faktor yang mempengaruhi kohesivitas kelompok pada remaja yang menggunakan tato yaitu adanya kesamaaan nilai dan tujuan, penyelesaian perbedaan, daya tarik pribadi, dan keberadaan ancaman eksternal atau kompetisi yang kuat. Adanya kesamaan tentang pandangan terhadap tato dengan harapan memiliki persamaan persepsi atas keberadaan tato, persamaan pemikiran atau anggapan bahwa tato merupakan suatu seni dan bukan merupakan hal yang negatif seperti yang telah berkembang di masyarakat. Selain itu upaya dari masing-masing anggota yang memiliki visi dan misi yang sama untuk menunjukkan bahwa tato bukan merupakan hal yang negatif yaitu dengan cara tetap menjaga kekompakan, memuaskan para anggotanya, saling memberikan dukungan antar anggota kelompok, dan meningkatkan ketertarikan dan komitmen anggota kelompok. Anggota kelompok juga mendapatkan kebutuhan yang mungkin tidak pernah di dapatkan baik dari yaitu sebuah perhatian dan penghargaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:39
Last Modified: 16 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30032

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo