UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNA GRAHITA (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Luar biasa Putra Jaya Malang)

Kurniawan, Taufan (2012) KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNA GRAHITA (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Luar biasa Putra Jaya Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufankurn-28999-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufankurn-28999-1-pendahul-n.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : Dra. SitiSuminarti F, M.si Motorik halus adalah gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil (halus) serta memerlukan koordinasi yang cermat, seperti menggunting mengikuti garis, menulis, meremas, menggenggam, menggambar, menyusun balok, memasukkan bola kelubang, membuka dan menutup objek dengan mudah, menuangkan air kedalam gelas tanpa berceceran, menggunakan kuas, krayon dan spidol, serta melipat. Hal yang menarik bila mana kemampuan motorik halus itu pada anak tuna grahita, ada yang mampu mengkoordinasika nmotorik halusnya dengan baik dan ada pula yang tidak. Tuna grahita atau retardansi mental merupakan kondisi dimana perkembangan kecerdasan anak mengalami hambatan sehingga tidak mencapai tahap perkembangan optimal. Adapun Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan motorik anak tuna grahita di Yayasan Pendidikan Luar biasa Putra Jaya Malang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan orang-orang yang diamati. Subyek yang digunakan dua orang anak laki-laki yang mengalami kecatatan tuna grahita di Yayasan Pendidikan Luar Biasa Putra Jaya Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terhadap subyek dan wawancara dengan guru sebagai informan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti terhadap kedua subyek, menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus subyek kurang baik untuk usia yang sudah masuk dalam tahap perkembangan masa akhir anak-anak. Mereka belum mampu menulis kata-kata ataumenulis kalimat secara lengkap. Hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan kognitif yang mereka alami. Selain itu kondisi emosional yang tidak stabil juga menyebabkan subyek kurang bisa berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan kemampuan motorik halus, maka dari itu pendekatan dan perhatian khusus secara individu sangat diperlukan untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan motorik halusnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 May 2016 01:34
Last Modified: 16 May 2016 01:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo