UMM Institutional Repository

MANFAAT MEMELIHARA HEWAN PADA PENDERITA PENYAKIT KRONIS

Setianingrum, Firdiani (2012) MANFAAT MEMELIHARA HEWAN PADA PENDERITA PENYAKIT KRONIS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdianise-29158-2-bab1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdianise-29158-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Diah K, M.Si (2) Salis Yuniardi, M.Psi Penyakit kronis semakin lama semakin mengkawatirkan masyarakat, dikarenakan penyakit kronis tidak hanya diderita oleh orang dewasa tetapi juga oleh balita. Fenomena ini semakin memprihatinkan karena semakin banyak kasus penyakit kronis baru yang belum ditemukan penawarnya. Penyakit kronis tidak hanya membuat kesehatan fisik semakin menurun tapi juga kondisi psikis. Perasaan cemas, sedih dan tertekan membuat penderita penyakit kronis mengalami stres. Stres ini hanya akan membuat kesehatan fisik dan psikis semakin memburuk. Sehingga dicoba berbagai macam metode, salah satunya memelihara hewan untuk mengatasi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari memelihara hewan terhadap stres pada penderita penyakit kronis. Pemberian arti dan pemaknaan yang berbeda akan memberikan pencapaian manfaat memelihara hewan yang tidak berbeda jauh, hanya memberikan perbedaan pada faktor pendukung lain seperti sosial support. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan dua subyek penderita penyakit kronis yang mengalami stres dan memiliki hewan pelihraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan triangulasi data yang berasal dari keluarga dan teman subyek. Hasil penelitian menggambarkan bahwa manfaat dari memelihara hewan adalah dapat membantu mengatasi stres yaitu dengan menganggap hewan sebagai hiburan, membantu memulihkan kesehatan dengan menjalani hidup sehat, misalnya mengajak hewan jalan-jalan dan membantu untuk dapat bersosialisasi dengan orang dan lingkungan baru yaitu merawat hewan peliharaan, misalnya dengan memandikan atau membawa ke dokter hewan. Untuk manfaat memelihara hewan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua subyek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 02:18
Last Modified: 14 May 2016 02:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30020

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo