UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN MEMAAFKAN (FORGIVENESS) PADA PASANGAN YANG MELAKUKAN PERSELINGKUHAN (Studi pada Suatu Hubungan Pacaran)

Sari, Galuh Sekar (2012) HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN MEMAAFKAN (FORGIVENESS) PADA PASANGAN YANG MELAKUKAN PERSELINGKUHAN (Studi pada Suatu Hubungan Pacaran). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--galuhsekar-27760-2-02bab1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--galuhsekar-27760-1-01penda-n.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Sejumlah fenomena prososial, seperti kerja sama, altruisme, dan penghambatan agresi dimotivasi oleh empati pada orang lain. Perilaku memberi maaf mirip dengan fenomena prososial lain, sehingga juga dimotivasi oleh empati. Empati bekerja sama dengan konsep-konsep seperti simpati, terharu/kasihan dan kelembutan hati. Empati pada dasarnya merupakan suatu fenomena afektif, kemampuan mengambil perspektif kognitif orang lain (perspective taking) yang menjadi alat kognitif penting pada afeksi empati yang relevan untuk memahami bagaimana afek empati berkembang. Perilaku memaafkan sebagai suatu fenomena motivasional, yang khususnya digerakkan oleh empati, sehingga empati merupakan salah satu faktor yang penting dari perilaku memaafkan Penelitian dilakukan adalah penelitian kuantitatif, yang datanya berwujud angka (skor atau nilai, peringkat, serta frekuensi). Penelitian ini menggunakan penelitian non ekperimen dengan subjek penelitian sebanyak 100 mahasiswa. Adapun tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel secara purposive didasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut, yang erat dengan populasi yang diketahui sebelumnya, yaitu mahasiswa yang pasangannya pernah berselingkuh. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik skala pengukuran. Adapun jenis skala yang digunakan adalah skala Likert, dimana skala ini didasari oleh favorable dan unfavorable. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan mengukur koefisien korelasi dengan statistik secara komputasi menggunakan SPSS 13.0 for Windows, dimana korelasi product moment digunakan untuk menggambarkan hubungan antara dua buah variabel yang sama-sama berjenis interval atau rasio. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara empati dengan memaafkan, dimana jika empati tinggi maka memaafan tinggi begitu juga sebaliknya. Koefisien korelasinya (R) adalah 0.506 adapun koefisien determinan variabel (r2) sebesar 0.256, menunjukkan empati mampu menjelaskan memaafkan sebesar 25,6% dan sisanya 74,4% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 02:06
Last Modified: 14 May 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30015

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo