UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DISKON DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA

Rachmawati, Dian (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DISKON DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dianrachma-27766-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dianrachma-27766-1-pendahul-n.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan mulai berubahnya makna berbelanja saat ini, turut pula berubah motivasi berbelanja seseorang menjadi suatu kegiatan menghabiskan uang untuk menghilangkan kebosanan dan mencari kesenangan belaka. Individu melakukan pembelian tanpa memperdulikan apakah barang-barang yang dikonsumsi benar-benar dibutuhkan atau tidak. Meningkatnya kecenderungan orang untuk berbelanja di supermarket atau mal mendorong terjadinya pembelian secara tiba-tiba atau pembelian impulsif. Faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen salah satunya adalah persepsi. Persepsi mampu menggerakkan konsumen untuk melakukan pembelian dan akan terlibat langsung dalam mempengaruhi seseorang untuk memutuskan apakah produk yang akan dibeli tersebut baik atau tidak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap diskon dengan pembelian impulsif pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan analisanya pada data-data numerikal (angka). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Factory Outlet Cargo Malang yang berada pada usia remaja. Sedangkan sampelnya berjumlah 100 orang yang diambil menggunakan teknik insidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, yaitu skala persepsi terhadap diskon dan skala pembelian impulsif. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS 16.00 for windows. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap diskon dengan pembelian impulsif dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,396 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000. Hal ini berarti bahwa semakin positif persepsi konsumen terhadap diskon maka semakin tinggi pembelian secara impulsif. Dan bila semakin negatif persepsi konsumen terhadap diskon maka semakin rendah pembelian secara impulsif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Adapun sumbangan efektif variabel persepsi terhadap diskon pada pembelian impulsif adalah sebesar 15,7% sedangkan sisanya sebesar 84,3% merupakan variabel lain yang tidak diteliti seperti kondisi situasional atau karakteristik produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 02:03
Last Modified: 14 May 2016 02:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30013

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo