UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI DISTORSI KOGNITIF DAN PERILAKU MALADAPTIF PADA WANITA YANG MEMILIKI KECENDERUNGAN BODY DYSMORPHIC DISORDER

Astuti, Feryn Widi (2012) IDENTIFIKASI DISTORSI KOGNITIF DAN PERILAKU MALADAPTIF PADA WANITA YANG MEMILIKI KECENDERUNGAN BODY DYSMORPHIC DISORDER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ferynwidia-27781-2-babi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ferynwidia-27781-1-pendahul-n.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Sebagian para wanita menganggap bahwa kecantikan merupakan kesempurnaan fisik, dimana ketika merasa ada yang tidak sesuai dengan keinginannya pada bagian tubuhnya maka memberikan penilaian tidak cantik pada dirinya, serta melakukan beberapa cara agar dapat terlihat cantik seperti melakukan perawatan berlebihan, berdandan secara berlebihan, dan selalu melakukan konsultasi pada ahli kecantikan, sehingga akhirnya banyak para wanita yang mulai ketergantungan pada alat kosmetik tersebut dan mulai tidak percaya diri pada bagian tubuhnya dan berfikir bahwa ada sesuatu hal yang kurang pada dirinya, sehingga menyebabkan body dysmorphic disorder, gangguan ini adalah gangguan dimana penderitanya tidak memiliki kepuasan pada bagian tubuhnya yang menurut penilaiannya terdapat kekurangan atau kecacatan, sehingga wanita tersebut sering kali memberikan penilaian atau persepsi yang salah pada bagian tubuhnya, dimana kesalahan dalam mempersepsikan, menilai, tentang tubuhnya biasa disebut dalam istilah psikologi adalah distorsi kognitif. Dari kesalahan persepsi itulah yang akhirnya terihat dari perilaku yang dimunculkan oleh wanita tersebut, perilaku yang kurang nyaman jika dilakukanya, yang biasa disebut perilaku mal adaptif.Berdasar pada permasalahan tersebut, penulis menfokuskan penelitian tentang identifikasi distorsi kognitif dan perilaku maladaptive pada wanita yang memiliki kecenderungan body dysmorphic disorder. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dua orang subjek dengan criteria Body Dismorphic Disorder. Metodeanalisa yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa subyek selalu mencemaskan bentuk tubuh yang menurutnya banyak kekurangan, mencemaskan rambut yang terlihat rusak menurut pemikirannya, merasa tidak cantik, memiliki penampilan yang buruk.Bentuk perilaku maladaptif yang muncul minum obat-obatan dari dokter untuk mengubah bentuk tubuh yang diinginkan, menggunakan alat pelurus rambut ketika rambut mulai berantakan atau terlihat rusak seperti yang difikirkan, menggunakan baju yang longgar dalam menutupi kekurangannya, berdiam diri di kamar atau di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 02:00
Last Modified: 14 May 2016 02:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30011

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo