UMM Institutional Repository

KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA SAKIT YANG TINGGAL DI PANTI WREDA (Studi Kasus di Pondok Lansia Yayasan Al-Ishlah Malang)

Andiwinata, Hendra (2012) KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA SAKIT YANG TINGGAL DI PANTI WREDA (Studi Kasus di Pondok Lansia Yayasan Al-Ishlah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--hendraandi-27818-2-bab1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--hendraandi-27818-1-pendahul-n.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

PembimbingDra. Tri Dayakisni, M.Si. PondokLansia Al-Islah merupakan salah satu dari banyaknya panti wreda yang ada di kota Malang, jumlah lansia yang ditampung saat ini berjumlah 8 orang, 3 orang relatif dalam keadaan sehat, dapat berjalan dan berkomunikasi, serta 5 diantaranya dalam kondisi sangat tua dan sakit(lumpuh), namun 2 dari 5 lansia lumpuh tersebut yang juga merupakan subyek penelitian masih dapat diajak berkomunikasi. Perhatian terhadap fisik saja belum cukup untuk membantu lansia agar hidupnya semakin berkualitas. Berbagai data keberhasilan bantuan fisik belum cukup sempurna membahagiakan para lansia, masih diperlukan sesuatu yang sangat penting dan dianggap berharga yaitu dorongan untuk menyadari arti dan makna yang sebenar-benarnya dari hidup, serta mengisi hidup dengan yang seharusnya dilakukan saat masih ada kesempatan hidup. Menurut Erikson beberapa hal yang menjadi masalah pada masa lansia adalah ditinggal mati pasangan dan kemunduran fungsi fisik atau menderita sakit. Hal inilah yang menjadi menarik untuk dikaji lebih dalam, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebermaknaan hidup lansia sakit yang tinggal di pantijompo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan 2 subyek yang termasuk dalam kategori lansia sakit yang tinggal di panti jompo. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terarah. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran makna hidup bagi seorang lansia yang sakit dan tinggal di panti wreda (studikasusPondok Lansia Al-Islah Malang), yaitu terdapat perbedaan antarasubyek dalam proses menjalani kehidupan sehari-hari merasakan semangat dan gairah serta jauh dari perasaan hampa, subyek kurang bersemangat dan bergairah dalam aktifitas sehari-hari karena keinginan untuk dapat pulang dan berkumpul lebih besar dari subyek lainya. Hal ini dikarenakan subyek merasa intensitas dikunjungi keluarga tidak tentu, sehingga subyek kurang mendapatkan dukungan sosial dari kerabat. Namun ada kesamaan dalam hal menemukan tujuan hidup, baik jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga mereka menjadi lebih terarah dan merasakan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai.Demikian pula dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, artinya subyekmenyadari pembatasan lingkungan, tetapi dalam keterbatasan itu tetap dapat menentukan sendiri apa yang paling baik untuk dilakukan.Selainitusubyek memiliki kemampuan untuk menentukan tujuan-tujuan pribadi dan menentukan makna hidup sehingga sangat memperhatikan arti pentingnya kehidupannya. Subyek selama ini memiliki kecintaan terhadap keluarga sehingga menjadikan tetap bertahan hidup dan menginginkan untuk kembali sehat agar dapat berkumpul lagi bersama keluarga, selain itu subyek juga memiliki kenyakinan yang kuat dalam melakukan penghayatan terhadap keimanan dan takdir Tuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:53
Last Modified: 14 May 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo