UMM Institutional Repository

FAKTOR- FAKTOR EKSTERN YANG MENYEBABKAN REMAJA MELAKUKAN PERILAKU BALAP LIAR

HARDIANSYAH, ERWIN (2012) FAKTOR- FAKTOR EKSTERN YANG MENYEBABKAN REMAJA MELAKUKAN PERILAKU BALAP LIAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--erwinhardi-27819-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--erwinhardi-27819-1-pendahul-n.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dra. Tri Dayakisni, M.Si (2) Hudaniah M.Si,.Psi. Remaja sebagai harapan penerus bangsa mempunyai tugas mengembangkan keterampilan yang ia miliki harus baik dan positif misalnya, belajar, berprestasi, mempersiapkan diri untuk jenjang masa depan seperti halnya pernikahan hidup berkeluarga, berperilaku baik sebagai warga negara yang terpuji, dan sebagainya. Namun nampaknya para remaja saat ini belum terlalu siap dengan perubahan-perubahan yang membawa dampak kurang baik bagi perkembangan remaja. Beberapa dampak kurang baik tersebut salah satunya ialah remaja yang suka melakukan perilaku balap liar, cara ini dipakai untuk melarikan diri dari masalah sehingga bisa menyebabkan mereka lebih berperilaku agresif ketika di jalan karena mengganggu ketertiban dan keselamatan para pengendara lain. Perilaku remaja tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor intern maupun ekstren dari subyek. Dari permasalahan inilah peneliti menjadi tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang faktor – faktor ekstern yang menyebabkan remaja melakukan perilaku balap liar. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskriptifkan/menjabarkan tentang faktor – faktor ekstern yang menyebabkan remaja melakukan perilaku balap liar. Subyek penelitian ini adalah remaja dengan usia 17-21tahun sebanyak 3 orang. Adapun subyek dari penelitian ini adalah para pembalap liar yang masih aktif dalam kegiatan balapan liar serta melakukan balapan liar minimal 4-6 kali dalam satu bulan. Lokasi penelitian yaitu wilayah kabupaten Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Faktor – faktor ekstern yang menyebabkan remaja melakukan perilaku balap liar yaitu 1): lingkungan keluarga Broken home (orang tua bercerai) serta kurangnya perhatian kasih sayang orang tua, 2): teman selalu memberi dukungan, pujian, sanjungan, sorak sorai,dll (diberi fasilitas motor), 3): ekonomi subyek mendapatkan uang dari hasil balapan 4): lingkungan sosial yang bersikap permisif terhadap perilaku subyek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:50
Last Modified: 14 May 2016 01:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo