UMM Institutional Repository

SIKAP KARYAWAN TERHADAP PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PT. LINTANG BUANA PERKASA SIDOARJO

Wijayanti, Anita Juwita (2012) SIKAP KARYAWAN TERHADAP PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PT. LINTANG BUANA PERKASA SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--anitajuwit-28072-2-babi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--anitajuwit-28072-1-pendahul-n.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1)TulusWinarsunu (2) Tri Muji Ingarianti Adanya program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan kemudian disikapi oleh masing-masing karyawan yang bekerja di PT. Lintang Buana Perkasa Sidoarjo. Program K3 sudah diterapkan di perusahaan ini sejak tahun 2010.Hal ini disebabkan banyaknya terjadi kecelakaan kerja yang dialami oleh karyawan, khususnya bagian pelaksana konstruksi pada tahun-tahun sebelumnya. Perusahaan tersebut menerapkan dan mensosialisasikan program keselamatan dan kesehatan kerja bagi para karyawannya, khususnya bagi pekerja konstruksi yang memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi. Tetapi perubahan cara kerja yang mengutamakan keselamatan pekerja ini terkadang tidak semuanya disikapi dengan baik oleh para karyawan. Program keselamatan dan kesehatan kerja tentu berdampak terhadap karyawan selaku pihak yang wajib melaksanakan program tersebut. Meskipun tujuan dilakukannya suatu program dalam perusahaan adalah mengarah pada efektifitas dan efisiensi organisasi. Namun pelaksanaannya tergantung kepada karyawan yang menerima dan menjalani perubahan tersebut. Perilaku karyawan dalam pelaksanaan program K3 tentu dipengaruhi oleh sikapnya terhadap program tersebut. Hal ini disebabkan sikap seseorang muncul melalui adanya perubahan terhadap lingkungan kerja atau organisasinya. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan lapangandi PT. Lintang Buana Perkasa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus, di mana sampelnya berjumlah 36 orang yang merupakan karyawan lapangan yang rentan mengalami kecelakaan kerja. Subjek diambil keseluruhan karena jumlah subjek yang terbatas atau dibawah 100. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala yaitu skala sikap terhadap program K3. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus T-Score yang dibantu progran SPSS for windows. Dari hasil uji reliabilitas diketahui variabel sikap terhadap program K3 memiliki Cronbach Alpha sebesar 0,844> 0,60. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan lapangan PT. Lintang Buana Perkasa Sidoarjo memiliki sikap yang cenderung positif yakni sebanyak 61,1% terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Ketiga aspek dalam sikap terhadap program K3 yakni aspek kognitif, afektif, dan konatif juga menunjukkan sikap yang positif. Sehingga program K3 yang diselenggarakan oleh pihak perusahaan disikapi secara positif oleh para karyawan lapangannya. Artinya karyawan menerima dan mendukung adanya program keselamatan dan kesehatan kerja yang diselenggarakan oleh perusahaan selama ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:39
Last Modified: 14 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30001

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo