UMM Institutional Repository

PROFIL KEPRIBADIAN PADA PENGHOBI REPTIL

Priyambodo, Prasetyo Budi Raharjo (2012) PROFIL KEPRIBADIAN PADA PENGHOBI REPTIL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--prasetyobu-28073-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--prasetyobu-28073-1-pendahul-n.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Hudaniah, M.Si, Psi. (2) Ari Firmanto, S.Psi Pada dasarnya manusia pasti memiliki kehidupan sosial yang tidak dapat dipisahkan dari diri masing-masing. Aktivitas mulai dari bangun tidur sampai menutup mata kembali bisa menjadi sarana pembentukan kepribadian. Belakangan ini sedang berkembang hobi yang tidak lazim dilakukan oleh sebagian manusia, memelihara reptil merupakan kegiatan yang baru berkembang pada tahun 90an di Indonesia. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengungkap profil kepribadian para penghobi reptil. Kepribadian terbentuk dari berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Penelitian ini berfokus pada need, atau kebutuhan psikologis. Dimana need terbentuk oleh adanya tension atau tekanan, yang selalu memacu setiap individu untuk memuaskannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode kualitatif ini digunakan karena penelitian ini menggunakan latar belakang ilmiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Adapun subjek penelitian berjumlah enam orang penghobi reptil, jumlah tersebut didapatkan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah peneliti mencoba membangun hubungan baik dengan salah satu komunitas pecinta reptil yang ada di Kota Malang. Kemudian tahap kedua melakukan pemeriksaan psikologis dengan menggunakan EPPS terhadap sepuluh orang subyek. Dari hasil pemeriksaan psikologis terdapat enam orang subyek yang dapat dikenai perlakuan berupa penelitian lanjutan, hal ini dikarenakan nilai kekonsistenan (consistant) sama dengan atau lebih dari sepuluh (10). Pemeriksaan EPPS bertujuan untuk mengungkap seberapa besar, dan seberapa konsisten subyek terhadap kebutuhan psikologisnya.Tahap ketiga adalah melakukan wawancara semi terstruktur, yang dimana wawancara dilakukan untuk melengkapi data penelitian. Tujuan dilakukan wawancara semi terstruktur adalah untuk menciptakan suasana yang akrab, dan tetap mengacu pada kaidah wawancara yang benar yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa para penghobi reptil dalam penelitian ini memiliki nilai sosial yang tinggi yang dalam kehidupannya, aktivitas yang dilakukan oleh para subyek adalah sekedar untuk mereduksi tension demi mencapai kepuasan. Dan data yang dihasilkan dari penelitian ini, aktifitas subyek bertujuan untuk mencapai need yang lebih tinggi dan mendapatkan kepuasan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:37
Last Modified: 14 May 2016 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30000

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo