UMM Institutional Repository

PENGARUH PEMBERIAN FEEDBACK TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DALAM SUATU PELATIHAN

Wulandari, Soniya (2012) PENGARUH PEMBERIAN FEEDBACK TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DALAM SUATU PELATIHAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--soniyawula-28074-2-babi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--soniyawula-28074-1-pendahul-n.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Drs. Tulus Winarsunu, M.Si. (2) Zakarija Achmat, M.Si. Dalam pelatihan, pemberian feedback sering kali dilakukan sebagai evaluasi atas informasi yang telah diberikan. Berdasarkan tugas-tugas yang dilakukannya, bisa diperoleh informasi mengenai apakah seseorang telah melakukan tugasnya dengan baik atau tidak. Pemberian feedback baik dari segi waktu (segera/tertunda) dan isi (positif/netral/negatif) apakah akan mempengaruhi pada self efficacy seseorang. Dimana self efficacy merupakan suatu keyakinan diri yang dimiliki seseorang untuk dapat mengorganisasikan dan memiliki tindakan yang diperlukan dalam menghadapi situasi khusus yang mungkin terdapat kekaburan, tidak dapat diprediksi, dan penuh tekanan. Dimana hal ini menjadi dasar pemikiran untuk menguji apakah terdapat pengaruh pemberian feedback terhadap self efficacy peserta dalam suatu pelatihan. Variabel dalam penelitian ini adalah isi feedback (positif/netral/negatif) sebagai variabel bebas ke-1, waktu pemberian feedback (segera dan tertunda) sebagai variabel bebas ke-2 dan self efficacy sebagai variabel terikat. Partisipan dalam penelitian ini adalah para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang berhasil direkrut secara terbuka sebanyak 18 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen Randomized Control Group Posttest Only Design dengan pengelompokan partisipan secara faktorial (3x2). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala self efficacy yang telah diuji coba, dengan sampel berjumlah 60 orang dan dinyatakan valid dan reliable. Data hasil perlakuan pada eksperimen dianalisis dengan teknik anava 2 jalur. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesa yang menyatakan ada pengaruh pemberian isi feedback (positif/netral/negatif) terhadap self efficacy peserta dinyatakan diterima, dengan nilai p-value sebesar 0,010 (< 0,05). Sedangkan hipotesa yang menyatakan ada pengaruh waktu pemberian feedback (segera/ditunda) terhadap self efficacy peserta dinyatakan tidak diterima, dengan nilai p-value sebesar 0,641 (> 0,05), dan hipotesa yang menyatakan ada pengaruh pemberian isi feedback (positif/netral/negatif) dan waktu pemberian feedback (segera/ditunda) terhadap self efficacy peserta dinyatakan tidak diterima, dengan nilai p-value untuk waktu * isi sebesar 0.458 (> 0,05), maka kesimpulannya tidak terdapat perbedaan yang signifikan faktor interaksi kategori waktu pemberian feedback dengan isi feedback terhadap self efficacy .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:35
Last Modified: 14 May 2016 01:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29999

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo