UMM Institutional Repository

GAMBARAN PERILAKU SEHAT HOMOSEKSUAL

Putri, Gusti Andaniar Rizkina (2012) GAMBARAN PERILAKU SEHAT HOMOSEKSUAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--gustiandan-28075-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--gustiandan-28075-1-pendahul-n.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si. (2) Zainul Anwar, M.Psi. Fenomena homoseksual, yaitu perasaan ketertarikan ataupun relasi seksual pada dua jenis kelamin yang sama, sudah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Istilah homoseksual sendiri mengarah kepada laki-laki sebagai pelakunya. Seiring perkembangan zaman, ditemukan bahwa perilaku homoseksual telah menimbulkan banyak permasalahan di dalam kehidupan, salah satunya adalah masalah kesehatan. Homoseksual dikenal identik dengan penyebaran HIV/AIDS dan Penyakit Menular Seksual (PMS). Padahal sebenarnya penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah dengan berperilaku sehat. Perilaku sehat adalah segala tindakan yang secara sengaja dilakukan individu dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan, serta mencegah tertularnya penyakit. Perilaku sehat ini sangat penting bagi manusia, khususnya homoseksual yang pada dasarnya sehat, namun beresiko besar untuk tertular berbagai macam penyakit seksual. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang perilaku sehat pada homoseksual. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan suatu keadaan dari objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak dan sebagaimana adanya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang laki-laki homoseksual. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang mana setelah peneliti mendapatkan data di lapangan, segera dilakukan pengolahan data, pereduksian data, sehingga hanya data-data yang terpakai saja yang tertinggal untuk dianalisis dan kemudian didapatkanlah gambaran hasil penelitian. Data-data tersebut didapatkan dari semua subjek dan beberapa informan yaitu orang-orang terdekat subjek. Berdasarkan hasil penelitian, telah ditemukan empat pola perilaku sehat yang sama dari keseluruhan subjek sebagai homoseksual. Perilaku sehat tersebut antara lain dengan tidak mengkonsumsi narkoba jenis apa pun, tidak berganti-ganti pasangan, selalu mengenakan alat pengaman atau kondom setiap kali melakukan hubungan seksual, serta mengikuti penyuluhan tentang penyakit-penyakit seksual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:32
Last Modified: 14 May 2016 01:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29998

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo