UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU

Prasetya, Swandika Sukma Ciki (2012) IDENTIFIKASI PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--swandikasu-28076-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--swandikasu-28076-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Yudi Suharsono, M.Si, (2) Diana Savitri H, M.Psi. Peran orang tua merupakan suatu fungsi yang harus dibawakan oleh seorang laki-laki dan perempuan ketika menduduki suatu karakter sebagai orang tua dalam sebuah keluarga. Interaksi sosial menurut segi psikologi adalah suatu tingkah laku yang berupa rangsangan dan reaksi keduanya, proses yang terjadi antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi satu sama lain. Interaksi sosial terjadi tidak hanya dengan melakukan komunikasi atau berbicara namun dengan saling menegur dan berjabat tangan itu juga dinamakan interaksi sosial. Anak tunarungu adalah anak yang memiliki kemampuan mendengar yang mengalami kekurangan atau kehilangan dan gangguan atau rusaknya satu organ atau lebih sehingga tidak dapat berfungsi untuk menghantarkan rangsang yang diubah menjadi tanggapan. Pada umumnya, setiap manusia memerlukan interaksi sosial, dan orang tua yang berperan dalam mengajarkan, mengembangkan interaksi sosial mulai dari masa anak-anak. Peran orang tua yang tidak berjalan baik pada interaksi sosial anak tunarungu maka akan berdampak pada kepribadian anak tunarungu, sedangkan pembentukan kepribadian dari orang terdekat anak yaitu orang tua. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan interaksi sosial anak tunarungu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua dari anak yang mengalami tunarungu. Metode pengumpulan data berupa wawancara yang merupakan percakapan yang dilakukan oleh dua pihak dengan maksud tertentu dan observasi yang merupakan pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada obyek penelitian. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh bahwa peran orang tua dalam mengembangkan interaksi sosial anak tunarungu orang tua terlibat secara langsung baik fisik maupun psikologis dengan mengajarkan interaksi dengan orang lain dengan bahasa verbal dan non verbal. Peran-peran itu diantaranya orang tua berperan dalam prestasi belajar, berperan sebagai pendengar dan sarana untuk berkomunikasi, berperan menciptakan perasaan aman, berperan membantu untuk mengembangkan hobi, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:31
Last Modified: 14 May 2016 01:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29997

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo