UMM Institutional Repository

“IDENTIFIKASI STRESSOR DAN COPING STRESS KEHIDUPAN BERKELUARGA PADA MAHASISWI YANG MENIKAH”

WARDHANI, NOVITA KUSUMA (2012) “IDENTIFIKASI STRESSOR DAN COPING STRESS KEHIDUPAN BERKELUARGA PADA MAHASISWI YANG MENIKAH”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--novitakusu-28114-2-babi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--novitakusu-28114-1-pendahul-n.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Semua orang yang normal tentu memiliki keinginan untuk memasuki gerbang pernikahan meskipun itu hanya dalam hati. Ketika usia sudah dirasa cukup, maka menikah merupakan sebuah tujuan, dimana menikah juga merupakan kebutuhan naluriah semua manusia. Selain itu, menurut agama Islam menikah merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan separuh dari dien atau agama. Adanya pernikahan di kalangan mahasiswa merupakan alternatif untuk memenuhi kebutuhan. Dimana pada usia ini mahasiswa sudah memasuki usia menikah.Banyaknya masalah yang dihadapi para mahasiswa yang menikah pada saat masih kuliah, membuat perlunya mengidentifikasi stress yang dialami, guna untuk membantu mahasiswa yang menikah pada saat masih kuliah dapat menyelesaikan permasalahan yang menimbulkan stress dengan baik tanpa adanya efek buruk dari permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat stress apa saja yang dialami serta coping apa yang telah dilakukan guna untuk mengurangi serta menghilangkan stress yang dihadapi. Metode yang diambil dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sebuah metode penelitian dimana data yang diperoleh adalah kata-kata maupun penggambaran dari subyek dan teknik menganalisanya dengan menggunakan penjabaran ataupun penggambaran dari data-data yang diperoleh Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa banyak masalah yang dihadapi dalam menjalani kehidupan berkeluarga pada saat masih kuliah. Permasalahan yang dihadapi dari masing-masing subyek berbeda antara lain stress yang disebabkan karena masalah ekonomi, pembagian peran antara mahasiswi dan istri, serta kurangnya trust dalam menjalani pernikahan dengan pasangan. Coping yang dilakukan oleh para subyek masing-masing berbeda yaitu dengan tetap berfikir positif dan mengembalikan konsistensi di awal pernikahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:29
Last Modified: 14 May 2016 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29996

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo