UMM Institutional Repository

Korelasi antara Nilai AIK III dengan Regulasi Diri (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

Husein, Muhammad (2012) Korelasi antara Nilai AIK III dengan Regulasi Diri (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadhu-28118-2-babi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadhu-28118-1-pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

embimbing (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M. Si. (2) M. Salis Yuniardi, M. Psi. Program AIK III merupakan sebuah acuan dimana pembentukan perilaku mahasiswa UMM dibentuk. Perilaku yang ingin dibentuk tentunya diharapkan mengacu pada kurikulum AIK III itu sendiri. Berperilaku positif sangat erat hubungannya dengan regulasi diri. Regulasi diri disini merupakan cara seseorang mengontrol dan mengarahkan tindakan mereka sendiri. Regulasi diri seharusnya mampu ditunjukkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang di dalam kesehariannya di dalam kampus maupun di luar kampus, dikarenakan mahasiswa sudah menempuh program AIK III yang sudah berkesinambungan. Nilai AIK III yang diperoleh mahasiswa seharusnya dapat mempengaruhi cara mengontrol dan mengarahkan tindakannya. Dikarenakan nilai tersebut merupakan acuan berhasil atau tidaknya mahasiswa dalam menyerap materi yang diajarkan dalam AIK III yang bisa dijadikan acuan dalam berperilaku yang sesuai dengan norma-norma yang ada dalam koridor keislaman. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatiff. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang sudah menempuh kuliah AIK III dan dinyatakan lulus. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik sampel proposional. Pengumpulan data menggunakan skala Likert. Metode analisi data yang digunakan yaitu korelasi Product Moment yang dibantu dengan komputasi program statisti (SPSS Windows 13). Dari hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa ada hubungan antara nila AIK III dengan Regulasi Diri (p = 0,006 < 0,01). artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara nilai AIK III dengan regulasi diri. Dan besar pengaruhnya nilai AIK III dengan regulasi diri ini sebesar 4,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:24
Last Modified: 14 May 2016 01:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo