UMM Institutional Repository

KONDISI PSIKOLOGIS WANITA PADA FASE EMPTY NEST

Hidayat, Firdian (2012) KONDISI PSIKOLOGIS WANITA PADA FASE EMPTY NEST. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--firdianhid-28119-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--firdianhid-28119-1-pendahul-n.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si (2) Zainul Anwar, S.Psi, M.Psi. Orang tua mempunyai kewajiban untuk mengasuh dan membesarkan anaknya agar mampu menjalani hidup dengan mandiri. Ketika anak memasuki masa dewasa, biasanya anak mulai meninggalkan orang tua dan tempat tinggal asalnya untuk menempuh hidup baru dengan pasangan maupun untuk menempuh pendidikan. Fase Empty nest menimbulkan berbagai macam kondisi psikologis bagi orang tua terutama ibu, sebab ibu lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan anak-anaknya dibanding dengan ayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi psikologis wanita pada fase empty nest. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah para wanita yang berada dalam kondisi tidak lagi tinggal satu rumah bersama dengan anak-anaknya, karena anak-anak mereka meninggalkan rumah untuk bekerja, menikah atau kuliah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi tersetruktur. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensistensikannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil peneltian menunjukan bahwa beberapa kondisi psikologis yang dialami oleh para wanita pada fase empty nest adalah sedih, cemas, kesepian, dan kehilangan. Perasaan tersebut dirasakan karena anak-anak tidak lagi tinggal bersama dengan subjek, kedekatan subjek dengan anak-anaknya, subjek selalu memikirkan keadaan anak-anaknya yang jauh dari orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:21
Last Modified: 14 May 2016 01:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29992

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo