UMM Institutional Repository

DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP PASIEN PASCA STROKE

Wardani, Diah Kusuma (2012) DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP PASIEN PASCA STROKE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--diahkusuma-28120-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--diahkusuma-28120-1-pendahul-n.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Latipun, M. Kes (2) Yuni Nurhamida, S. Psi. M. Si Stroke adalah penyakit yang beresiko tinggi, stroke juga termasuk penyakit yang mematikan ke tiga setelah jantung dan diabetes. Banyak sekali hal yang dapat memicu terjadinya stroke pada seseorang, diantara gaya hidup yang kurang sehat dan juga terdapat faktor lainnya yaitu masalah-masalah yang terjadi dalam keluarga. Ketika seseorang terkena stroke maka kondisi fisiknya sudah tidak dapat berjalan dengan normal atau cacat. Hal ini membuat seseorang bantuan dari orang lain, selain itu seseorang yang sudah terkena stroke juga butuh adanya dukungan dari keluarga terdekat untuk dapat sembuh seperti sediakala. Oleh sebab itu perlu diketahui bagaimana dukungan sosial yang diberikan keluarga terhadap pasien pasca stroke. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola dukungan sosial dari keluarga pada pasien pasca stroke, yaitu apa saja yang dilakukan oleh keluarga ketika salah satu anggota keluarganya mengalami stroke hingga masa pemulihan seperti sekarang. Sampel yang digunakan adalah 5 orang subjek yang pernah menderita stroke, tidak pernah mengalami stroke susulan dan saat ini sedang menjalani masa pemulihan. Untuk penggalian data digunakan wawancara sebagai sumber data sekaligus sebagai uji keabsahan metode. Adapun teknik wawancara yang digunakan adalah teknik wawancara semi terstruktur, agar terjalin komunikasi yang bebas namun terarah sehingga terkesan lebih luwes dan fleksibel. Sebagai uji keabsahan untuk mengecek kebenaran data, dilakukan triangulasi sumber yaitu dari pihak keluarga. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan , diketahui bahwasanya keluarga memberikan dukungan sosial hampir sama kepada anggota keluarganya yang pernah mengalami stroke. Bentuk dukungan sosial meliputi dukungan emosional dan dukungan informatif, dukungan instrumental, dukungan spiritual dan dukungan penghargaan. Adapun manfaat dukungan sosial bagi anggota keluarga yang mengalami pasca stroke disini dukungan yang diberikan oleh keluarga berfungsi sebagai pengendali emosi dan juga dukungan yang diberikan untuk meningkatkan kepercayaan diri penderita stroke, agar penderita stroke dapat menjalani hidupnya jauh lebih baik lagi walaupun keadaan fisiknya sudah tidak normal akibat stroke yang diderita. Subjek mendapatkan dukungan subjek merasa bahwa subjek diperhatikan dan merasa aman, nyaman serta merasa masih dibutuhkan keluarga. Dukungan sosial ini bermanfaat karena dapat mengurangi tekanan yang mengakibatkan stress, mengetahui banyak tentang penyakit stroke, lebih bertawakkal kepada Allah SWT, menjadi lebih optimis suatu saat nanti bisa sembuh dan semangat untuk melakukan pengobatan, lebih bisa mengontrol kembali emosinya, kecemasan dan ketakutan yang ada pada diri subjek sedikit berkurang, dan subjek lebih percaya diri dalam bergaul dilingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 May 2016 01:17
Last Modified: 14 May 2016 01:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29991

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo