UMM Institutional Repository

Alasan Suami Penderita Kanker Serviks Mempertahankan Pernikahannya

LUTFIATIN, LIA (2012) Alasan Suami Penderita Kanker Serviks Mempertahankan Pernikahannya. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--lialutfiat-28121-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--lialutfiat-28121-1-pendahul-n.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si. (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi., M.Si. Pernikahan adalah saat penting dalam siklus kehidupan manusia dan awal dari terbentuknya sebuah keluarga. Setiap pernikahan tentunya diharapkan bisa memberikan kebahagiaan dan kepuasan sehingga tercipta kestabilan dalam pernikahan. Nyatanya kedua hal ini tidak mudah untuk didapatkan. Apalagi ketika salah satu pasangan menderita sebuah penyakit yaitu kanker serviks. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika istri menderita kanker serviks, suami cenderung untuk meninggalkan istrinya dengan alasan mereka yang beragam. Namun tentunya tidak semua suami melakukan hal tersebut. Mereka tetap mempertahankan pernikahan mereka dengan berbagai resiko yang mereka ambil. Dari fenomena tersebut peneliti kemudian tertarik untuk melakukan penelitian mengenai alasan suami penderita kanker serviks mempertahankan pernikahannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua orang, yaitu suami dari penderita kanker serviks dengan minimal stadium II, telah berusia minimal 35 tahun, dan menikah lebih dari lima tahun. Dari penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan beberapa alasan suami penderita kanker serviks mempertahankan pernikahannya, yaitu dukungan sosial dari anak, religiusitas, penghargaan atas pengorbanan yang sudah dilakukan istri, faktor usia, anak-anak yang sudah dewasa, dan menghindari labeling negatif dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:31
Last Modified: 13 May 2016 12:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo