UMM Institutional Repository

PENGARUH BERMAIN PURA-PURA TERHADAP KREATIVITAS ANAK PRASEKOLAH

FEBRIANTI, INDIRA KARTIKA (2012) PENGARUH BERMAIN PURA-PURA TERHADAP KREATIVITAS ANAK PRASEKOLAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--indirakart-28122-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--indirakart-28122-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti Fasikhah, M.Si. (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi.,M.Si. Kreativitas merupakan aspek yang sangat berharga bagi anak. Melalui kreativitas yang dimiliki, anak dapat berkreasi sesuai dengan bakat ataupun kemampuan, anak dapat memecahkan suatu masalah dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya dimasa yang akan datang. Kreativitas bisa tampil dini dalam kehidupan anak dan terlihat pada saat anak bermain, karena bermain memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan dorongan-dorongan kreatifnya dan juga memberikan kesempatan untuk merasakan obyek-obyek dan tantangan untuk menemukan sesuatu dengan cara-cara baru. Permainan yang dapat merangsang kreativitas serta imajinasinya yaitu bermain pura-pura. Dengan bermain pura-pura, anak dapat menggunakan bahan atau obyek tertentu untuk disimbolkan menjadi apa yang diinginkan sesuai dengan fungsi dan kemampuannya, sehingga anak dapat membayangkan peran yang dimainkan berdasarkan apa yang pernah dilihatnya dan ide-idenya sendiri tentang tokoh yang dimainkan. Dalam penelitian ini, terdapat 8 jenis bermain pura-pura yaitu bermain masak-masakan, bermain pasar-pasaran, bermain rumah-rumahan, bermain dokter-dokteran, bermain sekolah-sekolahan, bermain kereta api-kereta apian, bermain polisi-polisian, bermain biduan-biduanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain pura-pura terhadap kreatifitas anak prasekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuasi eksperimen, dimana penentuan anggota sampel dipilih berdasarkan kelompok-kelompok kelas yang sudah tersedia, dengan variabel bebas bermain pura-pura dan variabel terikatnya adalah kreativitas. Penyusunan data dilakukan dengan 3 cara yaitu alat ukur kreativitas bentuk verbal untuk pretest dan posttest, bermain pura-pura untuk perlakuan dan observasi selama kegiatan pemberian perlakuan. Data diperoleh dari 27 siswa-siswi TK Al-Uswah, dimana kelas B1 yang merupakan kelompok eksperimen terdiri dari 13 anak dan kelas B2 yang merupakan kelompok kontrol terdiri dari 14 anak. Teknik analisa data menggunakan perhitungan independent simple t-test dengan bantuan program spss versi 14.0 for windows. Dari hasil analisa data terlihat melalui analisa pretest-posttest kelompok eksperimen dimana skor t sebesar -7,287 dengan taraf signifikansi 0,000 dan analisa posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana skor t sebesar 4,725 pada tingkat signifikansi 0,000. Dengan demikian terdapat pengaruh terhadap kreativitas anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:29
Last Modified: 13 May 2016 12:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29989

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo