UMM Institutional Repository

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA GURU TIDAK TETAP DITINJAU DARI PERAN GENDER

HASRURRAHMAN, (2012) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA GURU TIDAK TETAP DITINJAU DARI PERAN GENDER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--hasrurrahm-28124-2-babi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--hasrurrahm-28124-1-pendahul-n.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si (2) Linda Yani Pusfiyaningsih S.Psi M.Si. Kecemasan adalah kondisi kejiwaan yang penuh dengan kekhawatiran dan ketakutan akan apa yang mungkin terjadi, baik berkaitan dengan permasalahan yang terbatas maupun hal-hal yang aneh. Emosi seperti sedih dan sakit pada umumnya akan hilang dengan hilangnya penyebab kemunculannya, namun tidak dengan kecemasan. Kecemasan dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan perasaan keprihatinan, rasa gelisah, ketidaktentuan, atau takut terhadap kenyataan atau persepsi ancaman sumber aktual yang tidak diketahui atau tidak dikenal. peran gender adalah perbedaan peran, fungsi, dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi sosial dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 64 subjek. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala kecemasan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan T-tes yang dilakukan secara komputasi menggunakan SPSS 13.0 for Windows. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa kelompok guru tidak tetap laki-laki memiliki tingkat kecemasan yang tinggi yaitu sebanyak 21 subjek atau 65,62% dan yang memiliki kecemasan rendah yaitu sebanyak 11 subjek atau 34,37%. Sementara itu dari kelompok guru tidak tetap perempuan menunjukkan bahwa sebanyak 10 subjek atau 31,25% memiliki kecemasan yang tinggi sedangkan untuk kelompok yang memiliki kecemasan rendah yaitu sebanyak 22 subjek atau 68,75%. Dari hasil uji t yang dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kecemasan guru tidak tetap ditinjau dari peran gender. Pada tingkat kecemasan guru tidak tetap laki-laki lebih tinggi (X = 107,9063) dibandingkan dengan guru tidak tetap perempuan (X = 96,3438). Sedangkan nilai t yang didapatkan setelah dilakukan penghitungan pada subjek laki-laki dan perempuan adalah 5,789. Ini berarti data yang diperoleh signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:27
Last Modified: 13 May 2016 12:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29987

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo