UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI STRESSOR DAN STRATEGI COPING PADA GURU SLB YANG MENGAJAR ANAK ADHD

SAIDAH, NAILA (2012) IDENTIFIKASI STRESSOR DAN STRATEGI COPING PADA GURU SLB YANG MENGAJAR ANAK ADHD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--nailasaida-28127-2-babi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--nailasaida-28127-1-pendahul-n.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti, M.Si. (2) M. Salis Yuniardi, S. Psi. M.Psi. Anak-anak adalah masa-masa bermain, proses mereka belajar tentang sesuatu yang baru melalui sebuah permainan. Dalam permainan, seorang anak akan dapat berpikir mengenai apa yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu konflik. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah ketika anak memiliki kepribadian yang berbeda dari anak-anak pada umumnya, anak tersebut dapat dikatakan telah memiliki gangguan jika telah memenuhi kriteria dari gangguan itu sendiri. Misalnya gangguan pemusatan perhatian atau ADHD, dan gangguan tingkah laku. Anak ADHD tersebut memerlukan pendidikan dengan guru yang dapat memikul tanggung jawab yang sangat besar, ia dituntut untuk mampu mampu memilih, menentukan, dan mengembangkan model dan bentuk-bentuk evaluasi kemajuan belajar yang cocok atau sesuai bagi siswa ADHD. Ketika guru SLB tidak memiliki kesabaran dan ketelatenan dalam melakukan pengajaran, guru tersebut akan rentan mengalami stres karena kegiatan tersebut berhubungan dengan gangguan kognitif, fungsional dan perilaku yang dialami oleh penderita. Menurut Lazarus dkk (1994) coping atau cara mengurangi stres mempunyai dua macam fungsi yaitu emotion focused coping dan problem focused coping. Metode dan strategi coping juga harus sesuai dengan stres yang dialami agar coping tersebut menjadi efektif. Jika coping yang dilakukan berhasil maka keadaan stres dan stressor dapat ditekan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berjenis deskriptif dengan subyek berjumlah 4 orang dengan klasifikasi tertentu yaitu guru SLB yang mengalami stres berdasarkan gejala-gejala yang diramalkan ketika mengajar anak ADHD dan memiliki coping yang ditunjukkan melalui cheklist. Selanjutnya pengambilan data yaitu dengan metode wawancara tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman umum wawancara. Didalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab stres terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ditunjukkan adanya perasaan jenuh, marah dan jengkel pada anak ADHD. Hal tersebut muncul karena subyek merasa tidak mampu untuk menanganinya dan merasa kurang memiliki strategi lain untuk mengajar anak ADHD. Faktor eksternal yang menyebabkan munculnya stres adalah ketatnya aturan yang ada disekolah dan ketua yayasan yang terlalu menuntut agar pekerjaan guru tersebut dapat memenuhi target. Hal tersebut membuat subyek merasa sangat tertekan dan bingung harus bersikap seperti apa. Selain itu masalah-masalah yang ada dalam rumah subyek kadang-kadang juga membuat subyek merasa terbebani. Oleh karena itu ketika menangani stresnya guru SLB yang mengajar anak ADHD tersebut lebih dominan menggunakan strategi emotion focused coping yang mengacu pada approach strategies yaitu dengan cara berintrospeksi diri dan belajar dari kesalahan yang sudah terjadi. Adapun problem focused coping juga digunakan oleh subyek yaitu dengan cara mencari cara lain untuk menangani anak ADHD dan secara langsung mendekati anak ADHD dengan cara yang pelan. Akan tetapi strategi ini jarang digunakan oleh subyek penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:23
Last Modified: 13 May 2016 12:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29984

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo