UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN PT. WAHANA LESTARI BALIKPAPAN

Kinanti, Limar (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN PT. WAHANA LESTARI BALIKPAPAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--limarkinan-28190-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--limarkinan-28190-1-pendahul-n.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1)Zakarija Achmat S.Psi, M.Si (2) Tri Muji Ingarianti S.Psi, M.Psi Karyawan merupakan salah satu faktor sumber daya yang dimiliki dan dipergunakan perusahaan untuk mengendalikan jalannya usaha. Karyawan senantiasa melekat pada setiap sumber daya organisasi sebagai faktor penentu dan juga mempunyai peranan penting dalam memberikan konstribusi ke arah pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Komitmen organisasi merupakan suatu keadaan dimana karyawan mengindentifikasikan dirinya dengan elemen-elemen organisasi beserta tujuan-tujuannya, serta berkeinginan untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi. Perusahaan seharusnya memberikan penghargaan atas segala kontribusi yang diberikan karyawan pada perusahaan. Namun, seringkali perusahaan mengabaikan karyawan sehingga menimbukan berbagai persepsi tentang dukungan organisasional yang ada di perusahaan.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi dukungan organisasional dengan komitmen organisasi pada karyawan PT.Wahana Lestari Balikpapan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Wahana Lestari Balikpapan. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja lebih dari satu tahun. Metode pengumpulan data adalah skala, yaitu dengan menggunakan skala likert. Adapun metode analisa data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi dukungan organisasional dan komitmen organisasi pada karyawan PT. Wahana Lestari Balikpapan dengan nilai koefisien korelasi r = 0,792 dan p = 0,000 < 0,01. Artinya semakin positif persepsi dukungan organisasional maka semakin tinggi komitmen organisasi pada karyawan dan sebaliknya semakin negatif persepsi dukungan organisasional maka semakin rendah pula komitmen organisasi yang dimiliki karyawan. Koefisien determinan sebesar 0,63 atau 63% yang menandakan bahwa persepsi dukungan organisasional memiliki kontribusi terhadap komitmen organisasi sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:22
Last Modified: 13 May 2016 12:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo