UMM Institutional Repository

PRODUKTIVITAS KARYAWAN DITINJAU DARI PEMBAGIAN SHIFT KERJA

MAHARDI, ELVIRA FARANITA (2012) PRODUKTIVITAS KARYAWAN DITINJAU DARI PEMBAGIAN SHIFT KERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--elvirafara-28192-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--elvirafara-28192-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

(1)Zakarija Achmat S.Psi M.Si (2) Tri Muji Ingarianti S.Psi M.Psi Di era informasi dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini tuntutan konsumen atau pasar terhadap suatu produk atau jasa semakin meningkat pula. Bekerja merupakan faktor utama bagi sebagian besar orang. Seseorang rela bekerja siang dan malam agar dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari. . Kemajuan teknologi, kepentingan-kepentingan ekonomi, atau meningkatnya tuntutan masyarakat akan pelayanan 24 jam semakin tidak dapat terelakkan. Di bidang transportasi misalnya, di dunia penerbangan, diperlukan operator yang dapat mengawasi menara pengawas secara bergiliran selama 24 jam. Mereka dituntut untuk dapat memberikan pelayanan 24 jam. Tak jarang jika kemudian banyak ditemui para pekerja yang bekerja hingga larut malam. Secara alamiah, sebagian besar manusia dilahirkan untuk menjadi mahluk siang hari, artinya manusia bangun dan beraktivitas pada siang hari, dan tidur atau beristirahat pada malam hari. Masalah timbul ketika pekerja harus bekerja pada sore atau malam hari, karena ini bertentangan dengan ritme circadian mereka. Tubuh yang seharusnya berada pada fase relaks, dituntut untuk bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dimana subyek penelitian berjumlah 100 orang karyawan yang bekerja pada bagian produksi dan mengalami pergantian shift kerja.Penelitian menggunakan metode dokumentasi sebagai metode pengumpulan data Serta analisa data menggunakan analisa varian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Produktivitas Karyawan Ditinjau Dari Pembagian Shift Kerja. Berdasarkan hasil analisa data, dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan produktivitas ditinjau dari pembagian shift kerja. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa ada perbedaan produktivitas ditinjau dari pembagian shift kerja. Hasil penelitian yang telah dilakukan menujukkan hasil yang sangat signifikan (sig = 0.000). Dimana pada karyawan yang bekerja pada shift I yaitu shift pagi (x ̃_1 = 153.23) yang memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan produktivitas yang berada pada shift II yaitu shift sore (x ̃_2 = 117.32)dan shift pagi juga memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi dari pada shift III yaitu shift malam (x ̃_1 = 53,13).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:21
Last Modified: 13 May 2016 12:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo