UMM Institutional Repository

MINAT TERHADAP JENIS WISATA DITINJAU DARI THE BIG FIVE PERSONALITY

Rosita, Mariana (2012) MINAT TERHADAP JENIS WISATA DITINJAU DARI THE BIG FIVE PERSONALITY. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--marianaros-28215-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--marianaros-28215-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Latipun, M.Kes (2) Zakarija Achmat, S.Psi., M.Si. Hingga saat ini masih belum ada kajian yang mendalam berkaitan dengan minat jenis wisata dan The Big Five Personality. Kepribadian merupakan salah satu sikap, perilaku, atau persepsi yang mempunyai peran penting di dalam suatu perjalanan pilihan jenis wisata. Untuk menetukan pilihan wisata, individu akan membuat suatu keputusan sesuai dengan pengalaman, faktor lingkungan yang mempengaruhi, kenyamanan sebuah tempat wisata serta tipe kepribadian yang menetukan seseorang merasa puas dan menikmati perjalanan wisata yang diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek kepribadian yang diduga berperan penting pada pilihan minat jenis wisata. Konsep kepribadian yang digunakan adalah konsep the big five personality. Aspek big five mengkaji kepribadian manusia yang terbagi menjadi lima kategori yaitu neuroticsm, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience. The big five personality sebagai variabel utama dalam penelitian ini. Pada tipe kepribadian menggunakan skala likert sedangkan pada minat jenis wisata menggunakan angket minat. Subyek penelitian berjumlah 50 siswa di sekolah SMAN 01 Batu. Yang diambil dengan menggunakan teknik incidental. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan nilai standart Z- score. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aspek neuroticsm tinggi (54%) memiliki kecenderungan minat jenis wisata perjalanan/rekreasi, neuroticsm rendah (46%) memiliki kecenderungan minat jenis wisata olah raga. Pada extraversion tinggi (54%) memiliki minat jenis wisata olah raga, sedangkan extraversion rendah sebesar (46%) dengan kecenderungan minat jenis wisata budaya dan perjalanan/ rekreasi. Openness to experience tinggi sebesar (50%) memiliki minat jenis wisata budaya dan usaha & konvensi, sedangkan openness to experience rendah (50%) memiliki minat jenis wisata olah raga. Agreeableness kategori tinggi (56%) memiliki kecenderungan minat jenis wisata olah raga sedangkan agreeableness kategori rendah (44%) memiliki kecenderungan minat jenis wisata olah raga. Terakhir yaitu conscientiousness tinggi sebesar (54%) tertarik dengan minat jenis wisata olah raga dan conscientiousness rendah dengan persentase (46%) memiliki kecenderungan minat jenis wisata perjalanan/ rekreasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:19
Last Modified: 13 May 2016 12:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29981

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo