UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA BARU

NURFITRIYANA, (2012) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA BARU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--nurfitriya-28233-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--nurfitriya-28233-1-pendahul-n.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Diah Karmiyati M.Si. (2) M. Salis Yuniardi M.Psi. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif sangat diperlukan oleh setiap individu, khususnya pada mahasiswa. Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi. Pada kenyataannya ada mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain (komunikasi interpersonal), yang yang biasanya dialami oleh mahasiswa baru dengan reaksi cemas saat berkomunikasi. Kecemasan merupakan perasaan yang sifatnya umum, dimana seseorang merasa ketakutan atau kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas asal maupun wujudnya. untuk meminimalisir kecemasan yang dialami oleh mahasiswa baru dalam berkomunikasi, perlu adanya usaha untuk meningkatkan self-efficacy mahasiswa baru agar dapat mengatasi situasi atau tantangan dalam melakukan sebuah komunikasi interpersonal, sehingga tidak menimbulkan kecemasan. Self-efficacy adalah penilaian seseorang terhadap kemampuannya dalam mengorganisir, mengkontrol, dan melaksanakan serangkaian tingkah laku untuk mencapai hasil yang diinginkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada mahasiswa baru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (x) dan terikat (y). Dimana self-efficacy merupakan variabel bebas(x) dan kecemasan komunikasi interpersonal merupakan varibelterikat (y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru angkatan 2011 di POLTEKES Kemenkes Palu. Sampel yang digunakan sebanyak 110 orang, dengan menggunakan teknik sampling proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakanskala Likert. Metode analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil dalam penelitian ini menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dengan kecemasan komunikasi interpersonal dengan koefisien korelasi (r) = -0,572 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000. Hal iniberarti pada mahasiswa baru yang memiliki self-efficacy yang tinggi ternyata memiliki kecemasan komunikasi interpersonal yang rendah. Demikian juga sebaliknya pada mahasiswa baru yang memiliki self-efficacy yang rendah ternyata memiiliki kecemasan komunikasi interpersonal yang tinggi. Adapun sumbangan efektif self-efficacy terhadap kecemasan komunikasi interpersonal sebesar 32,7%, sisanya (100%-32,7%) sebesar 67,3% dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:18
Last Modified: 13 May 2016 12:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29980

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo