UMM Institutional Repository

PENDEKATAN PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA TUNA RUNGU DI SDLB PUTRA JAYA MALANG

MASHUDAN, MUHAMMAD (2012) PENDEKATAN PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA TUNA RUNGU DI SDLB PUTRA JAYA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadma-28338-1-pendahul-n.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadma-28338-2-babi.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Pembimbing Yudi Suharsono S.Psi, M.Si Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Kesempatan memperoleh pendidikan itu tidak dibeda-bedakan menurut jenis kelamin, status sosial, letak geografis, agama, dan keadaan fisik dan mental seseorang. Anak berkelainan meskipun dalam jumlah yang sedikit, mempunyai hak yang sama pula untuk memperoleh pendidikan guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang sekurang-kurangnya setara dengan lulusan sekolah dasar. Salah satunya adalah pendidikan tari, dengan adanya pelajaran seni tari yang diberikan, diharapkan siswa tunarungu senang dalam pelajaran kesenian dan dapat mendukung pelajaran umum Penelitian ini dilakukan di SDLB Putra Jaya Malang dengan judul Pendekatan Pembelajaran Seni Tari Pada Siswa Tuna Rungu di SDLB Putra Jaya Malang . Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu adalah untuk mengetahui pembelajaran seni tari di SDLB Putra Jaya Malang, mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang diperoleh guru dalam mengajar seni tari di SDLB Putra Jaya Malang, mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran seni tari di SLB Putra Jaya Malang dan mengetahui pengaruh seni tari bagi aspek psikologis siswa di SDLB Putra Jaya Malang.Dalam metode penggumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informannya adalah guru kesenian di SDLB Putra Jaya Malang. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendikripsikan dan mengintepretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk materi dan bahan pembelajaran seni tari dititikberatkan pada olah fisik dan sistem berapresiasi pada seni, dimana dalam pembelajaran tari ditinjau dari segi pengajarannya adalah kegiatan dalam pelajaran teori, praktik dan apresiasi seni tari, Kesulitan belajar bagi siswa yang kurang karena kecacatan sehingga siswa terhambat dalam pendengaran, kesulitan guru dalam mengajar seperti dalam penyampaian materi guru harus mengulang-ulang materi yang disampaikan ke siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:15
Last Modified: 13 May 2016 12:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29978

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo