UMM Institutional Repository

PERBEDAAN STRES KERJA PERAWAT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Widiastara, Ernia (2012) PERBEDAAN STRES KERJA PERAWAT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erniawidia-28357-2-babi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erniawidia-28357-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

(1) Dra. Djudiah, M.Si. (2) Tri Muji Ingarianti P.Si, M.Psi. Stres kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses pikiran dan kondisi fisik seseorang. Stres kerja diukur dengan indikator beban kerja yang berlebihan, tekanan / desakan waktu, kualitas penyelia yang jelek, konflik dan ambiguitas (ketidakjelasan) peran, perbedaan nilai perusahaan dan karyawan, perubahan suatu pekerjaan, dan frustasi. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Dengan populasi yang digunakan adalah perawat laki-laki dan perempuan di 3 (tiga) rumah sakit, yakni Rumah Sakit Islam Madinah Kasembon Kabupaten Malang, RB BP BKIA Punten Kota Batu, dan Rumah Sakit Umum Dr. Ety Asharto Kota Batu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Insidental Sampling, dengan rincian perawat laki-laki 31 orang dan perawat perempuan 31 orang jadi total perawat adalah 62 orang. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan Skala likert yang terdiri dari skala Stres kerja untuk menguji validitas, peneliti menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan untuk menguji realibilitas digunakan teknik Alpha dari Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa ada perbedaan stres kerja perawat ditinjau dari jenis kelamin, dengan nilai probabilitas sebesar 0,024 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan stres kerja yang signifikan antara perawat laki-laki dan perempuan, dimana perawat perempuan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dari pada perawat laki-laki. Perbedaan disini ditunjukkan oleh rata-rata (mean) stres kerja pada perawat perempuan sebesar 65,19 sedangkan rata-rata (mean) stres kerja pada perawat laki-laki sebesar 57,03.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 12:12
Last Modified: 13 May 2016 12:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29977

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo