UMM Institutional Repository

GAMBARAN PROFIL KEPRIBADIAN PADA REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE

MAULIDIYAH, UMMI MASRUFAH (2012) GAMBARAN PROFIL KEPRIBADIAN PADA REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ummimasruf-29947-2-babi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ummimasruf-29947-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si. (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi, M.Si. Remaja yang kecanduan game online merupakan seorang remaja menggunakan game online yang sulit diakhiri oleh individu yang bersangkutan. Akibat dari kecanduan game online ini dapat dilihat lebih jelas ketika pemain ditanya secara langsung apakah kebiasaan bermain mereka ini membawa pada masalah dalam kehidupan nyata sehari-hari. Masalah dalam kehidupan nyata ini dibagi menjadi masalah akademis, masalaah kesehatan, masalah keuangan dan masalah relasi. Namun jika kebiasaan bermain ini membawa pada masalah dalam kehidupan nyata maka dapat dikatakan itu merupakan suatu perilaku yang merugikan diri sendiri. Perilaku yang merugikan diri sendiri inilah yang menjadi aspek penting yang menentukan terjadinya kecanduan, kecanduan didefinisikan sebagai suatu perilaku tidak sehat atau merugikan diri sendiri yang berlangsung terus-menerus yang sulit diakhiri individu bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan data-data yang diperoleh baik itu berupa bahasa ataupun tulisan. Dalam penelitian kualitatif, purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu ini, misalnya orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan, atau mungkin dia sebagai penguasa sehingga akan memudahkan peneliti menjelajahi objek/situasi sosial yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang remaja usia 18-24 tahun yang mengalami kecanduan game online di kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara dan pemberian alat tes Psikologi EPPS. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik informasi yang didapat dari subjek dengan informan lain yang memiliki hubungan dekat dengan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran profil kepribadian pada remaja yang kecanduan game online memiliki kepribadian yang dominan yaitu remaja memiliki kecenderungan untuk melakukan rutinitas game online, tidak mudah untuk menyerah dalam menyelesaikan rintangan yang ada di game online dan memiliki kecenderungan untuk membantu orang baik secara finansial maupun trik-trik menyelesaikan game online. Dalam hal ini subjek cenderung menarik diri dari lingkungan sosialnya, memiliki keraguan pengambilan keputusan untuk suatu masalah yang secara nyata dalam sehari-hari, kurang mampu membangun hubungan yang lebih matang dengan lingkungan sosial baik teman sebaya maupun orang dewasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 11:55
Last Modified: 13 May 2016 11:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29967

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo