UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KESTABILAN EMOSI MAHASIWA PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK

Hilmiatun, BQ (2012) PERBEDAAN KESTABILAN EMOSI MAHASIWA PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bqhilmiatu-29948-2-babi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bqhilmiatu-29948-1-pendahul-n.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dr. Latipun, M.Kes (2) M. Salis Yuniardi, M.Psi Perilaku merokok merupakan fenomena sosial di lingkungan universitas, banyak dari sebagaian mahasiswa menganggap merokok merupakan perilaku yang bisa mengurangi perasaan negatif, mengatasi konflik-konflik yang terjadi dalam diri yang mengkonsumsi nya. Namun, perilaku merokok juga menimbulkan bahaya-bahaya bagi kesehatan manusia. Dimana zat (nikotin) yang terkandung dalam batang rokok akan memberi pengaruh yang menenangkan namun bersifat adiksi (ketagihan). Hal ini berarti bahwa tubuh mulai membutuhkannya sedemikian rupa sehingga tanpa nikotin tubuh akan terasa tidak enak karena membuat ketagihan dan pada akhirnya akan menyebabkan penurunan pada kesehatan fisik orang yang mengkonsumsi nya, dimana kesehatan fisik sangat mempunyai pengaruh penting dalam pengelolaan emosi seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah perbedaan kesetabilan emosi pada mahasiswa yang merokok dengan mahasiswa yang bukan perokok. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah: Variabel bebas (X): perokok dan bukan perokok. Variabel terikat (Y): kestabilan emosi mahasiswa, menggunakan data interval. Sementara skala yang digunakan adalah skala kestabilan emosi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis uji beda atau t-test dimana teknik ini digunakan untuk menguji signifikan perbedaan antara dua mean. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kestabilan emosi pada mahasiswa yang melakukan perilaku merokok dengan yang tidak melakukan perilaku merokok. Dimana skor perbandingannya menunjukan kestabilan emosi mahasiswa perokok lebih stabil dibanding mahasiswa yang bukan perokok. Hasil ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh sebesar t = 7,241 dengan p = 0,000<0,01 (X1= 165,09) dan (X2= 148,40).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 11:53
Last Modified: 13 May 2016 11:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo