UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN RASA AMAN DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA

Mindrasari, Dilla (2012) HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN RASA AMAN DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dillamindr-30004-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dillamindr-30004-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Yudi Suharsono, S.Psi, M.Si. (2) Tri Muji Ingarianti, M.Psi. Kebutuhan rasa aman merupakan kecenderungan seseorang untuk menginginkan terbebas dari ancaman, menginginkan rutinitas dalam hidup, serta mendapatkan jaminan dan perlindungan atas dirinya. Kebutuhan rasa aman tersebut kemudian akan mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap pekerjaan ideal yang diharapkan. Cara pandang terhadap pekerjaan tersebut kemudian digunakan seseorang untuk mengevaluasi situasi yang melekat pada setiap pekerjaan. Kebutuhan rasa aman berpengaruh terhadap cara pandang seseorang mengenai situasi yang melekat pada dunia wirausaha, sehingga kebutuhan rasa aman menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap intensi seseorang untuk berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat hubungan antara variabel X (kebutuhan tasa aman), dan variabel Y (intensi berwirausaha). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria subjek penelitian; mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dan telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Pengukuran dilakukan dengan skala yang diberikan kepada 100 subjek, untuk kemudian dianalisa menggunakan analisa regresi. Skala yang digunakan adalah skala yang telah melalui proses try out, yang dikenakan kepada 45 subjek, untuk mendapatkan item-item yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan negatif antara kebutuhan rasa aman dengan intensi berwirausaha. Hal ini ditunjkkan dengan F empirik yang lebih besar dari F tabel, yaitu 37,572 dan p = 0,000. Hubungan yang negatif ditunjukkan oleh korelasi (r) = -0,526. Itu artinya, semakin tinggi kebutuhan rasa aman, semakin rendah intensi berwirausaha, begitu pula sebaliknya. Sumbangan efektif kebutuhan rasa aman terhadap intensi berwirausaha adalah 28%, yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r^2) yang bernilai 0,277.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 11:19
Last Modified: 13 May 2016 11:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29962

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo